Jaga Perbatasan, Prajurit Lanud RSA Tingkatkan Kemahiran Menembak

prajurit lanud rsa
Prajurit Lanud RSA Natuna berlatih menembak, Rabu (29/11/2023). Foto: Istimewa

AlurNews.com – Prajurit Pangkalan TNI AU Raden Sadjad (Lanud RSA) Natuna punya tugas penting yaitu menjaga perbatasan. Oleh karena itu para prajurit tersebut melakukan latihan menembak triwulan IV, Rabu (29/11/2023) di lapangan Pasopati Shooting Range Lanud RSA Natuna.

Seperti diketahui latihan menembak merupakan salah satu kegiatan penting dalam pelatihan militer yang bertujuan untuk meningkatkan kemahiran, ketangkasan, dan kemampuan prajurit dalam menggunakan senjata api.

Latihan ini diikuti oleh seluruh personel Lanud RSA dan Satrad 212 Ranai baik perwira, bintara, maupun tamtama.

Dalam latihan ini, para prajurit menembak dengan menggunakan berbagai jenis senjata, mulai dari senjata laras pendek (pistol) hingga senjata laras panjang (senapan).

Latihan ini dilaksanakan menembak pistol dengan jarak 25 meter sebanyak 3 peluru percobaan dan 10 peluru penilaian. Sementara untuk senjata laras panjang menembak dengan 3 sikap, tiarap, duduk dan berdiri dengan jarak 100 meter.

Komandan Lanud RSA, Kolonel Pnb Dedy Iskandar, melalui Kadispotdirga Lanud RSA, Letkol Pom Fanny Philips mengatakan latihan menembak ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan profesionalism prajurit khususnya personel Lanud Raden Sadjad.

“Latihan menembak ini penting untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan prajurit dalam menggunakan senjata,” kata Danlanud RSA.

Sementara itu, Kadisops Lanud RSA, Mayor Nav Nanang Afandik, menekankan pentingnya faktor keselamatan. Ia meminta agar seluruh personel Lanud Raden Sadjad selalu mengutamakan keselamatan dan keamanan dalam melaksanakan latihan menembak.

“Utamakan safety, latihan dengan semangat, baik dan tertib, datang dengan selamat, pulang dengan selamat,” kata dia.

Dengan latihan ini, diharapkan personel Lanud Raden Sadjad dapat meningkatkan kemampuannya dalam menggunakan senjata api secara tepat dan aman.

Latihan menembak ini merupakan salah satu bentuk pembinaan profesionalisme personel Lanud Raden Sadjad. Dengan latihan kali ini, diharapkan personel Lanud Raden Sadjad dapat meningkatkan kemampuannya dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai prajurit TNI Angkatan Udara. (Fadli)