Antisipasi Lonjakan Penumpang, Hang Nadim Buka Posko Mudik Nataru

Penerbangan batam-korsel
Bandara Internasional Hang Nadim Batam. (Foto: AlurNews.com)

AlurNews.com – PT Bandara Internasional Batam (BIB), membuka posko mudik Natal dan tahun baru (Nataru) periode 2023-2024, pada Selasa (19/12/2023). Posko yang sama juga dibuka secara nasional lewat online.

Posko mudik Nataru kali ini berada di sisi utara Bandara Hang Nadim. Ada 40 personel yang disiagakan dari internal bandara. Kemudian untuk eksternal ada lebih kurang 40 personel berada di posko yang terdiri dari TNI/Polri, SAR, PLN, Imigrasi, Bea Cukai dan Karantina setempat.

Direktur Operasional PT BIB, Nugroho Jati menyebutkan, bahwa pendirian posko dilakukan guna memastikan kesiapan petugas, fasilitas, serta pelayanan kepada masyarakat terkawal dengan baik pada momen Nataru kali ini.

“Posko kali ini atensinya terkait dengan prediksi kenaikan penumpang yang berangkat kurang lebih sekitar 5 persen dibanding tahun lalu. Pada masa periode Pemilu kita patut menjaga kondusifitas terutama yang merayakan Natal dan keramaian tahun baru,” ujar dia.

Untuk perkiraan penumpang di Bandara Hang Nadim Batam, per harinya bisa mencapai 10 ribu pengguna jasa penerbangan. Itu sudah termasuk atau meliputi kedatangan dan keberangkatan.

“Penerbangan yang paling banyak pertama Jakarta dan kedua Medan. Posko ini kita menyiagakan layanan informasi, kesehatan dan keamanan. Jadi ini posko terpadu,” kata dia.

Posko di bandara dibuka untuk 24 jam. Meski begitu, pelayanan hanya sampai jam atau batas akhir keberangkatan atau kedatangan saja. (Arjuna)