Daftar Mutasi Polri, Ada Kapolda Sulut hingga Karo Penmas Polri

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: istimewa)

AlurNews.com – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melaksanakan rotasi dan mutasi besar-besaran terhadap 483 anggota Korps Bhayangkara, mulai dari Perwira Tinggi (Pati) hingga Perwira Menengah (Pamen), sebagaimana tercantum dalam Surat Telegram nomor ST/2864/XII/KEP./2023 hingga ST/2866/XII/KEP./2023 yang dikeluarkan oleh Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia, Irjen Dedi Prasetyo.

Dalam rangka mutasi tersebut, Jenderal Listyo menunjuk Irjen Yudhiawan Wibisono sebagai Kapolda Sulawesi Utara (Sulut), menggantikan Irjen Setyo Budiyanto yang dipindahkan sebagai Pati Itwasum Polri untuk persiapan tugas di luar struktur organisasi.

Selanjutnya, Brigjen Hadi Gunawan diangkat sebagai Staf Ahli Kapolri Bidang Sosial dan Politik di Kemenko Polhukam, menggantikan posisi yang ditinggalkan oleh Yudhiawan. Paralel dengan itu, Koordinator Staf Ahli Kapolri Irjen Risyapudin Nursin dipindahkan untuk persiapan tugas di luar struktur, dan posisinya diisi oleh Irjen Eddy Sumitro Tambunan.

Kapolri juga melakukan rotasi dengan menempatkan Brigjen Ahmad Ramadhan dari Karo Penmas Humas Polri sebagai Wakapolda Lampung. Penggantinya, Kombes Trunoyudo, akan mengisi posisi yang ditinggalkan oleh Ramadhan.

Di sektor Humas, Kapolri menunjuk Kombes Ade Ary Syam Indradi sebagai Kabid Humas Polda Metro Jaya, menggantikan posisi yang sebelumnya dipegang olehnya sebagai Kapolres Metro Jakarta Selatan. Ade Rahmat Idnal, yang sebelumnya menjabat sebagai Analis Kebijakan Bidang Madya Pidum Bareskrim Polri, kini menjabat sebagai Kapolres Metro Jakarta Selatan.

Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Leonardus Simarmata, dipindahkan sebagai Kabidkum Polda Metro Jaya, menggantikan Kombes Putu Putera Sadana yang ditugaskan pada MPR. Penggantinya di posisi Kapolres Metro Jakarta Timur adalah Kombes Nicolas Ary Lilipaly, yang sebelumnya menjabat sebagai Analis Kebijakan Bidang Madya Pamobvit Baharkam Polri. (ib)