Pola Kepri Gelar Bakti Sosial dan Bakti Kesehatan

bakti sosial polda kepri
Wakapolri Komjen Agus Adrianto meninjau bakti kesehatan yang digelar Polda Kepri, Jumat (2/2/2024). Foto: Humas Polda Kepri

AlurNews.com – Polda Kepri menggelar bakti sosial dan bakti kesehatan. Kegiatan itu merupakan bentuk komitmen Polda Kepri memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Kegiatan itu dihadiri Wakapolri Komjen Agus Adrianto di Temenggung Abdul Jamal, Jumat 92/2/2024).

Wakapolda Kepri Brigjen Asep Safrudin dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Wakapolri yang berkenan hadir dan meninjau kegiatan bertema Bakti Sosial dan Bakti Kesehatan Polri Presisi untuk Negeri tersebut.

“Polda Kepri menekankan bahwa peran kepolisian tidak hanya terbatas pada penegakan hukum, namun juga mencakup perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada seluruh lapisan masyarakat Provinsi Kepri,” kata Asep.

Baca Juga: Polda Kepri Amankan 390 Lembar Dolar Singapura Palsu Bernilai Rp45 Miliar

Melalui kegiatan tersebut diharapkan hubungan antara kepolisian dan masyarakat semakin erat, menciptakan ikatan yang kuat dalam mendukung keamanan serta kesejahteraan bersama di wilayah tersebut.

“Selanjutnya kegiatan ini disambut antusias oleh kurang lebih sebanyak 12.000 orang dari berbagai lapisan kalangan masyarakat. Kegiatan ini tidak hanya fokus pada bakti sosial, tetapi juga melibatkan bakti kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan kepada 10.354 pasien,” kata Asep.

Pelayanan tersebut mencakup berbagai layanan medis seperti dokter umum, dokter gigi, dan sejumlah spesialis seperti spesialis anak, penyakit dalam, jantung, THT, kandungan, mata, bedah, saraf, dan jiwa.

Selain itu, kegiatan ini juga mencakup medical check-up untuk siswa SMA yang berminat mengikuti seleksi penerimaan polisi, pelayanan khitan, donor darah, operasi katarak, operasi bibir sumbing, serta pelayanan stunting.

“Rumah Sakit Bhayangkara akan terus melanjutkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, menciptakan dampak positif yang berkelanjutan,” kata Asep.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad yang turut hadir mengungkapkan terima kasih kepada Polda Kepri atas kehadiran dan penyelenggaraan kegiatan positif ini yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Kegiatan ini juga ikut memberikan kontribusi yang dalam menyokong kesejahteraan warga Provinsi Kepulauan Riau, terutama dalam aspek pelayanan kesehatan dan bantuan sosial,” kata Ansar.

Wakapolri Komjen Agus Adrianto dalam sambutannya mengucapkan ucapan terima kasih atas sambutan luar biasa yang diberikan oleh Provinsi Kepri, serta menyampaikan bahwa kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik berkat adanya kolaborasi antara berbagai Forkopimda Kepri yang telah memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan baik.

“Lebih lanjut bahwa pejabat-pejabat Pemerintah, TNI, dan Polri sebenarnya bertindak sebagai perwakilan negara di daerah dengan tugas utama melayani dan membantu masyarakat serta memberikan solusi terhadap berbagai persoalan yang dihadapi warga, termasuk di dalamnya masalah kesehatan,” ujarnya.

Bakti sosial dan bakti kesehatan itu kata dia menjadi program prioritas Kapolri, terutama di triwulan 1, triwulan 3, dan 4, serta triwulan awal tahun 2024, kegiatan bakti sosial dan bakti kesehatan diimplementasikan sebagai strategi dari cooling system.

Langkah ini tidak hanya memberikan layanan langsung pada aspek kesehatan masyarakat, tetapi juga menjadi upaya konkret dalam meredakan ketegangan dan menenangkan suasana, terutama dalam konteks perhelatan pemilu yang tengah berlangsung.

“Dengan menggabungkan kegiatan bakti kesehatan dan bakti sosial, diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam menyejukkan konsentrasi dan mendorong partisipasi masyarakat yang lebih aktif dalam pemilu” kata Agus.

Dalam kegiatan itu juga dilakukan penyerahan bakti kesehatan dan bakti sosial kepada masyarakat yang diwakili oleh Melayu Raya, warga Tanjung Uma, Marbot Masjid, Komunitas Penggali Kubur, Komunitas Ojol, PSMPI, dan warga Kampung Tua Bagan. (red)