BPBD Karimun Catat Puluhan Kasus Kebakaran di Tahun 2024

kasus kebakaran di karimun
Ilustrasi. BPBD Karimun memadamkan kebakaran di wilayah Karimun beberapa waktu lalu. Foto: Istimewa/BPBD Karimun

AlurNews.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau mencatat 25 kasus kebakaran terjadi di tahun 2024.

Berdasarkan data yang dihimpun BPBD Kabupaten Karimun, 25 kasus kebakaran yang terjadi itu meliputi kebakaran lahan dan rumah.

“Untuk tahun 2024 ini, sudah tercatat 25 kasus kebakaran di wilayah Kabupaten Karimun,” ucap Kabid Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan BPBD dan Damkar Kabupaten Karimun, Hendra Hidayat, Selasa (20/2/2024).

Baca Juga: Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran Bangunan Kosong di Poros Karimun

Kata Hendra, kasus kebakaran banyak terjadi atau mengalami peningkatan pada bulan Februari 2024, yaitu sebanyak 16 kasus.

“Februari termasuk tinggi, ada 16 kasus kebakaran,” sebutnya.

Berkaca dari tingginya angka kasus kebakaran itu, ia mengimbau masyarakat agar selalu waspada dengan rutin melakukan pengecekan instalasi listrik dan tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

“Hindari pemakaian listrik secara ilegal dan jangan meninggalkan rumah dalam keadaan kompor menyala. Karena kebanyakan pemicunya dari korsleting listrik dan peralatan di dapur,” terangnya.

Ia juga menyebutkan, agar masyarakat tidak membakar lahan secara sembarangan dan selalu melaporkan apabila terjadi kebakaran. Masyarakat dapat segera melaporkan atau menghubungi ke hotline BPBD dan Damkar Karimun di nomor  0777-7364263. (Andre)