Kakanim Batam Raih Penghargaan JMSI Award 2024

JMSI Award 2024
Wakil Menteri Kominfo Nezar Patria menyerahkan penghargaan kepada Kakanim Batam,diwakili Kabid Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Rizki Yudhaikawira. Foto: Istimewa

AlurNews.com – Organisasi perusahaan pers, Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI), memberikan penghargaan kepada Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Kelas I Khusus TPI Batam, Samuel Toba sebagai salah satu tokoh pencegahan TPPO dan pelayanan publik terbaik.

Anugerah itu diberikan lewat acara JMSI Award 2024. Acara berlangsung di Hotel Discovery Ancol, Jakarta, pada Senin (19/2/2024) malam.

Penghargaan diserahkan oleh Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI, Nezar Patria, kepada Kakanim Batam, yang diwakili oleh Kabid Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Rizki Yudhaikawira.

Baca Juga: JMSI Launching Lembaga Bantuan Hukum

Penyerahan penghargaan disaksikan oleh Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu dan Wakil Ketua Dewan Pers, M Agung Dharmajaya.

Rizki Yudhaikawira menyampaikan, Kanim Kelas I Khusus TPI Batam telah menerbitkan pelayanan izin tinggal bagi WNA. Sebanyak 743 permohonan ITAS, 79 permohonan ITAP dan 2197 permohonan ITK.

Dalam menjalankan fungsi keamanan dan penegakan hukum, pihaknya telah berhasil melakukan tindakan administrasi keimigrasian sebanyak 609 tindakan dan berhasil melakukan penegakan hukum melalui pro justitia sebanyak lima kali, serta penolakan kedatangan WNA sebanyak 38 orang.

“Selain itu kami juga telah melakukan penundaan penerbitan Paspor RI baik baik di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam maupun Unit Layanan Paspor Harbourbay sebanyak 405 permohonan karena diduga akan digunakan untuk melakukan pekerjaan secara Non Prosedural (PMI ilegal),” ujarnya.

Lalu, dalam upaya pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam telah melakukan pencegahan keberangkatan sebanyak 8.243 orang di Pelabuhan Citra Tri Tunas, Batamcenter, Sekupang, dan Bandara Internasional Hang Nadim.

“Kami juga telah turut berkoordinasi dengan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Kepulauan Riau untuk memberikan sosialisasi dan pembekalan terkait dokumen keimigrasian kepada calon Pegawai Migran Indonesia secara berkala,” ujarnya.

Selain itu, dalam mendekatkan diri kepada masyarakat dan penyebaran informasi keimigrasian, Rizki menuturkan telah melakukan kegiatan coffee morning dengan media pers di bulan Februari 2023 dan kegiatan sosialisasi aplikasi M-Paspor kepada siswa siswi di SMAS Pelita Utama pada bulan April 2023.

Sepanjang tahun 2023, Imigrasi Batam berhasil memperoleh sebanyak tujuh penghargaan, yaitu:

  1. Terbaik I Kategori Penatausahaan Barang Milik Negara Kelompok Satuan Kerja Tahun 2023, BMN Award KPKNL Kota Batam;
  2. Terbaik I Pengelolaan Kehumasan dan Teknologi Informasi pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau, Kumham Kepri Award 2023;
  3. Terbaik I Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau, Kumham Kepri Award 2023;
  4. Terbaik I Pelayanan Publik teraktif dan terbanyak dilihat masyarakat se-Indonesia pada Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP), KemenpanRB Tahun 2023;
  5. Terbaik I Booth Layanan Instansi/Lembaga pada South Sumatera Expo, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tahun 2023;
  6. Terbaik II Satuan Kerja Dengan Capaian Komitmen Penggunaan Cash Management System pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau;
  7. Terbaik III Kategori Pengelolaan Media dan Berita Sub Kategori Kantor Imigrasi Kelas I Khusus dan Kelas I, Anugerah Humas Imigrasi Indonesia Tahun 2023.

Selain penghargaan, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam telah melakukan berbagai macam inovasi dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan dengan meluncurkan inovasi terbaru yang terdiri dari:

  1. Layanan Service Informasi Paspor (SIP) yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pengecekan status permohonan paspor;
  2. oneclickmido aplikasi berbasis web yang memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi;
  3. Layanan Informasi On The Spot dengan teknologi realtime masyarakat dapat berinteraksi langsung dengan petugas imigrasi untuk mendapatkan informasi yang diinginkan;
  4. Efaskim merupakan aplikasi berbasis web untuk memudahkan masyarakat melakukan pengurusan sertifikat anak berkewarganegaraan ganda dan affidavit; dan
  5. Layanan Autogate di pelabuhan Citra Tri Tunas yang bertujuan untuk mepersingkat waktu pemeriksaan keimigrasian karena masyarakat dapat melakukan secara mandiri.

Saat ini, pihaknya juga sedang berupaya melakukan penambahan layanan autogate di Pelabuhan Batamcenter. Dengan segala capaian tersebut, ia menyadari bahwa itu terjadi atas kolaborasi dan sinergitas lintas instansi.

“Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan stakeholder yang telah mendukung serta berkontribusi dalam meningkatkan kualitas layanan keimigrasian di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam,” kata dia. (Arjuna)