Jokowi Lantik AHY Jadi Menteri ATR Hari Ini

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Foto: Muhammad Adimaja/Antara)

AlurNews.com – Presiden Joko Widodo dijadwalkan melantik Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) pada hari ini, Rabu (21/2/2024).

Sebelumnya, posisi ini dijabat oleh Hadi Tjahjanto, yang juga akan dilantik sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) pada hari yang sama.

Pelantikan Hadi dan AHY dijadwalkan berlangsung pada pukul 11.00 WIB. Ini merupakan pengalaman pertama AHY dalam menempati jabatan eksekutif dalam pemerintahan. Sebelumnya, AHY belum pernah menjabat sebagai pejabat publik di tingkat kabupaten/kota atau provinsi.

AHY sebelumnya mencalonkan diri sebagai calon gubernur DKI Jakarta pada tahun 2017, namun upayanya tidak berhasil. Pada tahun 2019, AHY sempat disebut-sebut akan menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), tetapi isu tersebut tidak terwujud. AHY juga pernah dikabarkan sebagai calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Anies Baswedan, tetapi rencana tersebut tidak terlaksana.

Sebagai informasi, AHY akan berusia 45 tahun pada 10 Agustus tahun ini. Ia memulai karirnya di dunia militer, menempuh pendidikan di Akademi Militer dan menjadi lulusan terbaik pada tahun 2000. Setelah itu, AHY meniti karirnya di berbagai posisi di militer, termasuk pengalaman dalam operasi pemulihan keamanan di Aceh.

Tahun 2020, AHY mulai terlibat aktif dalam dunia politik dan terpilih sebagai Ketua Umum Partai Demokrat dalam kongres ke-V. Selama kepemimpinannya, partainya mengalami goncangan dari kubu Moeldoko, yang berusaha untuk mengambil alih kendali partai, tetapi upaya tersebut tidak berhasil, dan saat ini Partai Demokrat masih di bawah kepemimpinan AHY. (ib)