KPU Batam Gelar Sosialisasi Tahapan Pilkada 2024

sosialisasi tahapan pilkada 2024
KPU Batam menggelar sosialisasi tahapan Pilkada 2024. Foto: AlurNews.com

AlurNews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam menggelar sosialisasi tahapan pemilihan walikota dan wakil walikota Batam 2024 di Hotel Harmoni One Batam Center, Sabtu (4/5/2024). Ketua KPU Batam, Mawardi mengatakan pelaksanaan sosialisasi ini juga turut diatur dalam PKPU Nomor 2 Tahun 2024.

“Sosialisasi ini turut melibatkan elemen organisasi masyarakat, organisasi kepemudaan, Pemerintah Daerah, hingga Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu),” paparnya.

Diharapkan dengan sosialisasi ini, pelaksanaan Pilkada Walikota dan Wakil Walikota Batam yang akan dimulai November mendatang dapat berlangsung lancar dan kondusif.

Baca Juga: Terkait Maju Pilkada Batam, Marlin: Tunggu Tanggal Mainnya

Terkait proses pelaksanaan Pilkada, Mawardi menyebut proses telah dimulai sejak Februari lalu, dimulai dari tahapan persiapan dan tahapan penyelenggaraan.

Kemudian dilanjutkan dengan pemberitahuan dan pendaftaran pemantau pemilihan, hingga pembentukan PPK, PPS, dan KPPS dari April 2024 – November 2024.

Penyerahan daftar penduduk potensial pemilih yang dimulai sejak April 2024 – Mei 2024. Kemudian KPU Batam akan melanjutkan dengan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih.

“Dalam proses ini bagi calon perseorangan, wajib melakukan pemenuhan persyaratan dukungan pasangan calon perseorangan dimulai sejak Mei – Agustus 2024,” tuturnya.

Kemudian pengumuman pendaftaran pasangan calon yang didukung partai politik akan dimulai pada Agustus 2024. Kemudian dilanjutkan dengan pendaftaran pasangan calon yang dimulai sejak Agustus.

“Untuk penetapan pasangan calon sendiri akan dilaksanakan pada September, yang kemudian dilanjutkan proses kampanye hingga 23 November. Serta pemungutan suara pada 27 November 2024,” terangnya. (Nando)