198 Peserta Ikuti Tes CAT Seleksi PPK Pilkada di Batam

seleksi ppk pilkada 2024
Ketua KPU Batam Mawardi mengawasi jalannya tes seleksi PPK Pilkada 2024, Senin (6/5/2024). Foto: AlurNews.com

AlurNews.com – Sebanyak 198 peserta mengikuti tahapan tes tertulis berbasis Computer Assited Test (CAT) yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam di Universitas Internasional Batam (UIB), Senin (6/5/2024).

Ketua KPU Batam Mawardi menyebut pelaksanaan tes ini merupakan rangkaian dari seleksi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), yang merupakan bagian dari tahapan penyelenggaraan Pilkada 2024 yang berlangsung November mendatang.

“198 peserta yang tes hari ini, merupakan peserta yang lolos tahapan verifikasi. Dari total 213 peserta yang mendaftar di 12 kecamatan,” jelasnya.

Baca Juga: KPU Batam Gelar Sosialisasi Tahapan Pilkada 2024

Untuk pelaksanaan tes ini, Mawardi mengatkaan keseluruhan soal yang dikerjakan peserta merupakan soal yang diberikan atau sesuai arahan KPU RI.

Setelah tes ini, pihaknya akan kembali melakukan verifikasi lanjutan, serta adanya beberapa tahapan seleksi lanjutan.

“Peringkat peserta akan ditentukan berdasarkan nilai tes tertulis. Nilai tertinggi akan menjadi prioritas,” tegas Mawardi.

Sementara itu, pendaftaran PPS masih berlangsung, dibuka sejak 2 hingga 8 Mei 2024. Mawardi mengimbau peserta tes PPK yang memenuhi syarat untuk juga mengikuti seleksi PPS.

“Saya harap teman-teman yang mengikuti tes PPK hari ini dapat juga mendaftar seleksi PPS,” imbuhnya.

Selain itu, KPU Kota Batam juga telah mengumumkan pendaftaran calon walikota jalur perseorangan, yang dibuka dari 8 hingga 12 Mei 2024.

Berdasarkan Keputusan KPU Kota Batam Nomor 324 Tahun 2024 tentang Syarat Minimal dan Persebaran Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Batam Tahun 2024, jumlah minimal dukungan untuk bakal pasangan calon perseorangan adalah 63.872 orang dan minimal tersebar di 7 dari 12 kecamatan di Kota Batam.

Mawardi berharap dengan persiapan yang lebih matang dibandingkan Pemilihan Legislatif (Pileg) sebelumnya, Pilkada 2024 dapat berjalan lebih baik dan sukses.

“Kami telah melihat dan mengevaluasi kekurangan Pileg dan Pilpres kemarin, sehingga diharapkan Pilkada kali ini dapat berjalan dengan lebih baik dan sukses,” harapnya. (Nando)