Road to Paris, PSSI Berharap Ipswich Town Lepas Elkan Baggot Perkuat Timnas U23

Elkan Baggot. (Foto: PSSI)

AlurNews.com – Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengungkap bahwa pihaknya sedang melakukan upaya persuasif kepada klub Elkan Baggott, yaitu Ipswich Town, agar bersedia melepas sang pemain untuk bergabung dengan Timnas Indonesia U-23 dalam menghadapi Guinea di Paris, Kamis (9/5) mendatang.

Timnas Indonesia U-23 akan bersua dengan Guinea dalam pertandingan playoff Olimpiade Paris 2024 di Clairefontaine, Paris, Prancis, pada Kamis (9/5) mendatang.

Saat ini, para pemain Timnas Indonesia U-23 telah berada di Prancis untuk melakukan persiapan menjelang pertandingan menghadapi Guinea. PSSI berupaya menambah beberapa pemain, termasuk Elkan Baggott yang sebelumnya tidak diizinkan klubnya untuk bermain di Piala Asia U-23 2024.

Erick Thohir mengatakan bahwa PSSI sedang berusaha untuk mendapatkan kesepakatan dengan Ipswich Town agar Elkan Baggott dapat bergabung dengan Timnas Indonesia U-23, sambil berharap agar Justin Hubner juga dapat dilepas oleh Cerezo Osaka.

Menurutnya, apabila Hubner dan Baggott dapat bergabung dengan Timnas Indonesia U-23, maka skuad STY akan tampil dengan kekuatan penuh untuk pertama kalinya.

“Kami sedang mencoba untuk membujuk Elkan juga karena di [League] Bristol Rovers [klub yang sebelumnya meminjam Baggott] sudah tidak bermain. Ipswich [klub induk Baggott] juga sudah naik ke Primer League,” kata Erick Thohir di Family Gathering Kementerian BUMN di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, pada Minggu (5/5).

“Nah, kami saat ini sedang berupaya untuk melepaskan mereka, tetapi Justin dan Elkan bersedia. Jadi, jika kedua pemain ini dapat bergabung di Paris, maka kita akan memiliki kekuatan penuh untuk pertama kalinya. Kami sedang mengeksplorasi kemungkinan-kemungkinan ini,” tambah Erick.

Indonesia melaju ke babak playoff Olimpiade 2024 setelah finis sebagai tim peringkat empat di Piala Asia U-23 2024. Skuad Garuda Muda kalah dari Irak 1-2 pada pertandingan perebutan tempat ketiga di Piala Asia U-23 2024.

Karena itu, Indonesia akan bertanding melawan Guinea, wakil dari Afrika, pada playoff Olimpiade 2024. Berdasarkan situs FIFA, pertandingan antara Indonesia dan Guinea akan berlangsung di Clairefontaine, Prancis, pada Kamis (9/5) pukul 15.00 waktu setempat atau pukul 20.00 WIB.

Pertandingan ini hanya akan berlangsung satu kali. Oleh karena itu, Indonesia hanya memiliki satu kesempatan untuk merebut tiket terakhir Olimpiade Paris 2024.

Pemenang dari pertandingan playoff ini akan masuk dalam Grup A pada babak penyisihan cabang olahraga sepak bola putra Olimpiade 2024. Selain tuan rumah Prancis, juga akan ada Amerika Serikat dan Selandia Baru di dalam grup tersebut.

Meskipun Guinea bukan lawan yang dapat dianggap remeh bagi Timnas Indonesia U-23, mayoritas pemain mereka saat ini sedang bermain di Eropa.

Namun, Guinea U-23 juga dihadapkan dengan tantangan tersendiri karena pertandingan terakhir mereka adalah pada 22 April 2024 dalam sebuah uji coba melawan Amerika Serikat. Tim asuhan Kaba Diawara tersebut kalah dengan skor 0-3 melawan AS.

Itu merupakan satu-satunya pertandingan Guinea U-23 sejauh ini. Sebelumnya, mereka juga berpartisipasi dalam Piala Afrika U-23 2023 yang berlangsung pada Juli tahun lalu.

Guinea merupakan tim yang finis di peringkat keempat di Piala Afrika U-23 2023, kalah dalam perebutan tempat ketiga melawan Mali lewat adu penalti. (ib)