3 Kelurahan di Karimun Diterjang Puting Beliung, 103 Rumah Rusak

Kondisi rumah di Kabupaten Karimun yang diterjang angin puting beliung, Selasa (14/5/2024). Foto: AlurNews.com/Andre

AlurNews.com – Bencana alam angin puting beliung telah merusak sebanyak 103 unit rumah warga di tiga Kelurahan di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, Selasa (14/5/2024).

Dari data yang dihimpun, wilayah yang paling terdampak yakni di Kelurahan Baran Timur sebanyak 60 unit rumah, lalu di Kelurahan Baran Barat 27 unit rumah dan di Kelurahan Sungai Lakam Barat 16 unit rumah.

Diketahui 103 unit rumah yang terdampak bencana alam angin puting beliung tersebut dikategorikan atas kerusakan ringan hingga kerusakan berat.

Baca Juga: Angin Puting Beliung Terjang Pemukiman Warga di Batu Lipai Karimun

Bupati Karimun, Aunur Rafiq saat meninjau lokasi kejadian menyebutkan bahwa pihaknya saat ini telah mendirikan posko bantuan dan dapur umum untuk membantu warga terdampak.

“Sudah kita dirikan posko bantuan dan dapur umum, saat ini petugas juga sedang mendata jumlah warga yang terdampak,” ujarnya.

Ia melanjutkan pemerintah daerah juga memastikan ketersediaan makanan dan air bersih untuk para warga di lokasi.

Selain itu, Aunur Rafiq turut mengajak masyarakat hingga Ormas dan OKP di Karimun dapat saling bahu membahu menolong warga terdampak bencana alam angin puting beliung ini.

“Di saat seperti inilah kita harus saling menolong, karena mereka juga saudara-saudara kita. Itu menjadi tanggung jawab kita bersama, jadi yang ingin menggalang dana kami persilahkan,” kata dia. (Andre)