Gubernur Ansar Paparkan Progres Jembatan Batam Bintan kepada Wantimpres

Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat bertemu dengan tim Wantimpres di ruang VIP Pelabuhan Punggur, Batam, Kamis (6/6/2024). Foto: Diskominfo Kepri.

AlurNews.com (Advertorial) – Gubernur Kepri Ansar Ahmad paparkan progres pembangunan Jembatan Batam Bintan kepada Tim Ahli Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) yang dipimpin langsung Radian. Pemaparan itu berlangsung di ruang VIP Pelabuhan Punggur, Batam, Kamis (6/6/2024).

Ansar didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kepri Abu Bakar dalam pertemuan tersebut.

Ansar melaporkan progres pembangunan jembatan Babin sejauh ini, mulai dari prencanaan teknis DED, dokumen lingkungan dan dokumen andalin, izin vertikal clearance, pengadaan lahan dan izin pinjam pakai kawasan hutan, semuanya telah selesai dilakukan.

Baca Juga: Gubernur Kepri Tandatangani MoU Persiapan Pembangunan Jembatan Batam Bintan

“Tinggal penyempurnaan DED tekait proses update struktur pondasi, hasil penyelidikan yang dilakukan BPJN Kepri nantinya akan diserahkan ke Dinas PUPR Provinsi Kepri untuk dilakukan penyesuaian struktur pondasi terhadap hasil penyelidikan tanah yang terbaru,” jelas Ansar.

Penyempurnaan DED melalui survei penyelidikan tanah menggunakan lingkup survey penyelidikan baik dari sisi jembatan satu dan juga sisi jembatan dua.

Untuk sisi jembatan satu pekerjaan mulai difokuskan untuk mendapatkan data tanah, mulai dari indentifikasi parameter tanah untuk fondasi, yang mana surveynya dilakukan dengan menggunakan metoda geoteknik.

“Untuk sisi jembatan dua, pekerjaan difokuskan dengan melakukan pemetaan pada kondisi tanah dasar laut. Berikutnya indentifikasi risiko 2, yang mana metodenya dilakukan dengan menggunakan metode geofisika,” kata Ansar.

Sementara itu Radian dari Tim Ahli Wantimpres mengakui, kehadirannya ke Kepri memang untuk melihat secara langsung progres perkembangan Jembatan Batam Bintan. Hasil dari peninjauan tersebut, akan menjadi dasar untuk menyusun pertimbangan dan nesehat langsung ke Presiden Joko Widodo.

“Dengan begitu, nantinya akan ada tindak lanjut terkait arahan langsung presiden, akan keberlanjutan pekerjaan jembatan Batam Bintan tersebut,” kata dia. (red)