Polsek Balai Polres Karimun Ungkap Pencurian Besi Penutup Selokan

Polsek Balai menangkap pelaku pencurian penutup selokan yang meresahkan warga. Foto: Humas Polres Karimun

AlurNews.com – Unit Reskrim Polsek Balai Polres Karimun berhasil mengungkap kasus pencurian besi penutup selokan yang beberapa lokasi dan meresahkan masyarakat Tanjung Balai.

Kapolsek Balai AKP Melky Sihombing mengatakan pencurian itu salah satunya terjadi di Jalan Pramuka RT 005, RW 005, Tanjung Balai Kota Kecamatan Karimun. Pengungkapan kasus itu berdasarkan laporan polisi tanggal 6 Juni 2024.

“Kejadiannya pada Senin 6 Mei sekira pukul 07.00 WIB di Jalan Pramuka,” kata Melky, Senin (10/6/2024).

Baca Juga: Satu Kapal Kargo di Pelantar Buru Karimun Terbakar

Kejadian bermula pada Senin (6/5/2024) korban melihat dua besi penutup parit atau selokan yang ada di depan rumahnya sudah tidak ada lagi.

“Ternyata sepanjang Jalan Pramuka yaitu di depan Kantor Delfind Notaris Delfind Kiweikhang tepatnya di depan praktek dokter Bella Tandika juga besi penutup selokan hilang,” kata dia.

Seminggu kemudian, besi penutup selokan yang ada di Jalan Ampera sebelah Apotek Kimia Farma juga hilang dicuri. Korban lalu melaporkan kejadian itu ke Unit Reskrim Polsek Balai.

Berdasarkan hasil penyelidikan, polisi berhasil menangkap pelaku berinisial K (24) di Jalan Ahmad Yani, Sei Lakam Timur, sedangkan rekannya yang juga berinisial K saat ini masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

“Peran pelaku K (24) sebagai pembawa sepeda motor dan mengambil besi penutup selokan yang ada di depan rumah korban. Sedangkan K (DPO) mengambil besi kemudian memegang besi di belakang sepeda motor,” kata dia.

Pelaku melancarkan aksinya dengan modus mengamati sekitaran pemukiman warga menggunakan dengan sepeda motor, kemudian secara bersama-sama mengambil besi penutup selokan yang berada di depan rumah warga secara berulang.

Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian kurang lebih sebesar Rp3.600.000. Pelaku diancam dengan Pasal 363KUHP dengan ancaman penjara paling lama 7 tahun. (red)