Gagal SNBT Bisa Daftar Kuliah Gratis dari Kemnaker

kuliah gratis kemnaker
Ilustrasi. Gedung Kemnaker. Foto: Istimewa/Dok. Kemnaker

AlurNews.com – Bagi para siswa lulusan SMA sederajat yang gagal mengikuti Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) tahun 2024, Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) membuka program kuliah gratis di Politeknik Ketenagakerjaan (Polteknaker).

Calon mahasiswa yang bisa mendaftar di Polteknaker dan mendapatkan full beasiswa ini salah satu syaratnya adalah maksimal berusia 25 tahun hingga tanggal 27 Juni 2024.

Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi dalam keterangan persnya, program beasiswa di Polteknaker ini merupakan kesempatan bagi calon mahasiswa yang gagal kuliah lewat jalur SNBT tapi keinginan untuk kuliah di PTN tinggi.

Baca Juga: Tahun Ini, 60 Lulusan SMK di Kepri Kuliah Gratis di Politeknik Negeri Batam

“Polteknaker masih membuka kesempatan kuliah vokasi dengan beasiswa pendidikan 100 persen ditanggung negara,” ujarnya, Selasa (18/6/2024), dikutip dari laman CNBC Indonesia.

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun ajaran 2024/2025 di Polteknaker melalui jalur Seleksi Berdasar Tes (SBT) dilakukan online melalui https://pmb.polteknaker.ac.id/. Pendaftaran kuliah gratis di Polteknaker dibuka hingga 27 Juni 2024 Pukul 23.59 WIB.

Anwar mengatakan beasiswa full di Polteknaker ini diberikan dengan memperhatikan prinsip adil, akuntabel, efisien, dan transparan tanpa membedakan jenis kelamin, agama, suku, ras, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi seseorang. (red)