Pengurus Wilayah Ika Unhas Kepri Resmi Dilantik

IKA UNHAS Kepri
Pelantikan pengurus IKA Unhas Kepri di Balairung Sari BP Batam, Sabtu (10/8/2024) berlangsung sukses. Foto: Istimewa

AlurNews.com – Pengurus wilayah Ikatan Alumni (Ika) Universitas Hasanuddin (Unhas) dilantik di Gedung Badan Pengusahaan (BP) Batam, Sabtu (20/8/2024). Ratusan alumni dan undangan memenuhi ruang balairung sari tersebut.

Ketua Pengurus Pusat Ika Unhas, Andi Amran Sulaeman dalam sambutan pembukaan acara melalui live streeming dari Kantor Menteri Pertanian menyampaikan permohonan maaf karena tidak dapat menghadiri langsung acara pelantikan karena kesibukan sebagai anggota kabinet.

“Saya berjanji dalam kesempatan yang lain akan mengunjungi Ika Unhas Kepri baik selaku Ketua Pengurus atau dalam tugas dinas selaku Menteri. Tapi saya mempersilahkan Ketua Ika Kepri dan jajarannya untuk setiap saat dapat mengunjungi saya di Kantor Menteri walaupun tidak ada janjian terlebih dahulu,” kata dia.

Baca Juga: Mentan Amran Sulaiman Dijadwalkan Lantik Pengurus Ika Unhas Kepri

Andi Amran berpesan agar pengurus wilayah yang dilantik dapat melakukan yang terbaik dan bermanfaat bagi negeri tercinta. Ia meminta meminta jajaran pengurus agar mewariskan legacy untuk negara Indonesia di manapun berkiprah.

“Kita berharap negara kita menjadi negara maju pada tahun 2045 yang akan datang,” kata dia.

Ketua Wilayah Ika Kepri Ibrahim dalam pidato pelantikannya selepas dilantik oleh Yusran Yusuf selaku Sekjen Pengurus Pusat Ika Unhas, menegaskan keinginannya dengan menggarisbawahi pentingnya program-program yang bersifat pemberdayaan masyarakat dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Menurutnya Kepulauan Riau, dengan segala potensi dan tantangannya, membutuhkan SDM yang unggul, berdaya saing, dan memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan.

“IKA Unhas Kepri dapat berperan aktif dalam menginisiasi berbagai kegiatan yang fokus pada pendidikan, pelatihan, dan pemberdayaan ekonomi. Dengan demikian, kita tidak hanya memperkuat jaringan antaralumni, tetapi juga berperan dalam mencetak generasi yang mampu bersaing di tingkat lokal, nasional, bahkan internasional”. Imbuhnya.

Mantan Ketua IDI Kepri ini mengulangi janjinya yang senantiasa disampaikan dalam pembicaraan pertemuan alumni Unhas, Ika Unhas Kepri kata dia akan sangat fokus pada kontribusi untuk memajukan industri maritim khususnya di bidang perkapalan. Sebab menurutnya industri perkapalan di Batam, Kepri adalah salah satu pemasok utama kebutuhan nasional.

Pemerintah Kota Batam melalui Raja Azmansyah, Ketua Bappeda Kota Batam yang mewakili Walikota Batam ex officio Ketua BP Batam menyambut penuh antusias kehadiran Ika Unhas di Kepri.

“Kita bersinergi, berkolaborasi memajukan Kepri khususnya Batam. Sebab Batam membutuhkan sumber daya manusia andal dari alumni Unhas. Batam tidak memiliki sumber daya alam. Keunggulan Batam ada pada letaknya yang strategis di salah satu di selat teramai dunia,” ujarnya.

Ika Unhas Kepri menurut Andi Wahyudin Jalil, tokoh mahasiswa Unhas era tahun periode akhir rezim Orde Baru yang kini banyak berkiprah di Kepri ini berharap pelantikan pengurus tersebut menjadi cambuk untuk membuktikan kehandalan alumni Unhas dalam berkontribusi pada masyarakat dan negara khususnya di Kepri.

”Sebab keberadaan pengurus alumni akan berperan untuk fokus pada program-program yang lebih terkordinasi, sinergi dan kolaboratif dengan semua elemen masyarakat demi kemaslahatan masyarakat yang lebih bermanfaat,” harapnya. (red)