Andi Agung Sidak di Pasar Tos 3000, Antisipasi Inflasi di Batam

Pejabat sementara (Pjs) Kota Batam, Andi Agung melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Tos 3000 Jodoh, Kota Batam. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Upaya mengantisipasi inflasi di Kota Batam, Pejabat sementara (Pjs) Kota Batam, Andi Agung melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Tos 3000 Jodoh, Kota Batam, Provinsi Kepri.

Dalam sidaknya, Andi menemukan harga bakan pokok secara umum relatif normal. Bahkan sejumlah kebutuhan primer masyarakat seperti, cabai, bawang dan ikan bahkan mengalami sedikit pengiriman harga.

“Saya tanya ke pedagang, semua masih normal. Dan mereka berhak tidak ada kendala terkait pasokan. Sedikit yang naik itu ayam segar, tapi naiknya pun cuma Rp2 ribu,” kata Andi.

Dengan keadaan normal seperti ini, ia meminta kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam agar terus melakukan pemantauan. Baik terkait kestabilan harga maupun ketersediaan bahan pokok.

“Saya juga berterima kasih pada para pengelola pasar, dan berharap memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang berbelanja di pasar,” katanya.

Sementara itu, alasan pemilihan Pasar Tos 3000 sebagai lokasi untuk pemantauan harga pasar, Andi menyebutkan, karena pasar tersebut merupakan salah satu barometer harga pasar yang ada di Kota Batam.

Andi Agung menjelaskan, dengan adanya ketersediaan stok bahan pokok, diiringi daya beli masyarakat yang stabil, diharapkan bisa menjaga terjadinya inflasi.

“Untuk inflasi di Kepri dan Batam, masih terlihat normal. Kita masih dibawah dibandingkan dengan daerah lain di kepriy. Maka itu, bagian dari antisipasi,” ungkap Andi Agung.

Sementara, salah satu pedagang Ayam di pasar tos 3000, Along menyebutkan bahwa harga ayam beberapa waktu belakangan terbily stabil. Hanya ayam segar sedikit mengalami kenaikan.

“Ayam masijy normal harganya, untuk hari ini ayam segar Rp36 ribu per kilogram, ayam freezer dan daging normal. Stok pun aman,” kata Along.

Nina, salah satu pedagang cabai dan sayuran menuturkan, harga komoditas lainya seperti cabai merah dan cabai rawit untuk hari ini di harga Rp35 ribu, untuk harga cabai rawit setan, dari harga Rp40-45 ribu per kilogram, tergantung kualitasnya.

“Aman pak harga normal, malahan harga sayur turun. Semoga selalu normal keadaan pasar pak,” kata Nina. (rul)