Tak Ada Korban Jiwa, Kru KMP Tandemand Berhasil Dievakuasi TNI AL

Kapten Kapal Patkamla Lingga TNI AL, Pelda Novrianto. Foto: AlurNews.com

AlurNews.com – Sebanyak 14 orang kru kapal Roro KMP Tandemand, yang dilaporkan terbakar di Perairan Tanjung Kasam Punggur, Rabu (2/10/2024) siang berhasil dievakuasi personel TNI Angkatan Laut (AL).

Kapten Kapal Patkamla Lingga TNI AL, Pelda Novrianto saat ditemui di Satuan Patroli Pangkalan Utama TNI AL IV Telaga Punggur menyebut seluruh kru kapal kini dalam keadaan sehat, serta tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

“Sebanyak 14 orang kru kapal telah berhasil dievakuasi ke Pangkalan Satrol Punggur. Tidak ada korban jiwa, dan seluruhnya dalam keadaan sehat,” ujarnya, Rabu (2/10/2024) sore.

Proses evakuasi seluruh kru kapal berlangsung sekitar pukul 14.20 WIB, saat salah satu personel Patkamla Lingga melihat kobaran api ketika melakukan patroli di Perairan Tanjung Piayu dan Memoi Batam.

Proses pemadaman pada KMP Tandemand, juga dilakukan dengan bantuan dua unit kapal penyuplai air bersih yang turun ke lokasi. Saat ini proses pendinginan masih berlangsung.

“Kondisi saat ini api di kapal sudah padam, namun masih proses pendinginan. Untuk penyebab belum diketahui,” paparnya.

Sebelumnya, satu unit kapal Roro KMP Tandemand terbakar saat labuh jangkar di perairan Pulau Kasam, Punggur, Batam, Kepulauan Riau, Rabu (2/10/2024) siang.

Dikonfirmasi melalui sambungan telepon, General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Batam, Hermin Welkis membenarkan peristiwa ini. Namun pihaknya belum dapat memberi keterangan pasti, mengenai penyebab kebakaran yang telah menghanguskan bagian atas kapal.

Seluruh bagian kemudi dan ruang bagi kapten dan ABK kapal dilaporkan hangus dilahan si jago merah.

“Ini koordinasi masih berlangsung, sekarang masih di atas kapal untuk mengecek kondisi setelah tadi berhasil dipadamkan,” ujarnya melalui sambungan telepon, Rabu (2/10/2024) sore. (Nando)