Dugaan Pelanggaran Didominasi Netralitas ASN, Bawaslu Surati Pemko Batam

Ketua Bawaslu Kota Batam, Antonius Itoloha Gaho. Foto: AlurNews.com/Roma

AlurNews.com – Laporan dugaan pelanggaran yang diterima oleh Bawaslu Kota Batam kebanyakan menyangkut netralitas ASN. Ketua Bawaslu Kota Batam, Antonius Itoloha Gaho mengatakan pihaknya segera menyurati Pemerintah Kota (Pemko) Batam.

“Laporan yang kami atasi kebanyakan soal netralitas ASN. Kemarin sebelumnya kita juga sudah sering kordinasi dengan Pemko batam untuk tetap menjaga netralitas ASN. Tentu ini menjadi PR,” ujar Antonius, Minggu (6/10/2024).

Diakuinya dalam waktu dekat, pihaknya akan bersurat dan memberikan imbauan ke Pemkot Batam. Dan bersilahturahmi dengan Pjs yang baru.

“Supaya sama-sama menjaga seluruh ASN yang ada di Batam untuk tetap menjaga netralitas sebagai ASN,” katanya.

Sementara itu, terkait satu temuan Tim Bawaslu Batam, yakni Lurah di Kecamatan Batam Kota. Sudah di rekomendasi ke BKN untuk ditindaklanjuti.

“Karena Bawaslu kan sampai pada tahapan beri rekom saja. Kita menyampaikan bahwa ada pelanggaran. Untuk sanksinya kembali pada instansi terkait,” katanya.

Terpisah, Penjabat Sementara (PJs) Wali Kota Batam, Andi Agung menegaskan pada prinsipnya, ia sudah sampaikan kepada seluruh ASN harus netral dari awal dirinya masuk.

“Kalau terjadi di lapangan kita lihat dulu perkembangannya bagaimana. Yang pasti secara reel ditanyaa ke BKSDM. Bawaslu Batam, mengingatkan setiap pertemuan jaga netralitas apa cerita nnti kita minta BKD,” katanya. (Roma)