Penyebab Kebakaran di Sengkuang, Ternyata!!

Kebakaran Pasar Seken Tanjungsengkuang hanguskan 7 kios, Jumat (21/10/2022). (Foto: istimewa)

AlurNews.com – Kebakaran di kios barang bekas kawasan Sengkuang, diduga akibat hubungan arus pendek listrik. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Batam, Azmansyah. 

Ia mengatakan awal mula kebakaran sendiri diduga berawal dari salah satu kios, yang berada di seberang tower RCTI.

“Masih dugaan sementara, untuk pastinya tengah dilakukan penyelidikan oleh kepolisian,” kata Azmansyah, Jumat (21/10/2022).

Tidak hanya menghanguskan 7 kios dan seluruh barang jualannya, api juga merembet ke tiga unit rumah yang berada di belakang kios.

Baca juga : Kebakaran Pasar Seken Tanjungsengkuang Batam, 7 Bangunan Dilalap Api

Saat kebakaran, Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Batam menurunkan hingga 7 unit mobil pemadam.

“Laporan kebakaran yang sampai ke kami sekitar pukul 04.30 WIB. Kami sampai menurunkan 7 unit mobil pemadam. Ini karena kios yang terbakar, memiliki banyak barang bekas yang bisa digunakan untuk di kantor hingga sekolah dan rumah tangga,” ujarnya.

Kobaran si jago merah juga menghanguskan satu unit mobil pickup dan satu unit sepeda motor.

Bahkan salah satu warga yang tinggal di kawasan tersebut, juga mengalami luka ringan disaat berusaha menyelamatkan barang berharga miliknya.

“Tidak hanya kios dan rumah. Ada mobil dan motor yang ikut terbakar, serta satu warga yang hanya mengalami luka ringan dan kini sudah mendapat perawatan,” tuturnya.

Baca juga : Manajemen Pollux Habibie Menduga Kebakaran akibat Korsleting Listrik

Tim pemadam sendiri baru dapat mengatasi si jago merah setelah berjibaku selama kurang lebih tiga jam dari waktu kejadian.

“Berhasil diatasi dan pendinginan sekitar pukul 07.30 WIB,” jelasnya.

Sebelumnya, sejumlah kios yang menjual barang bekas di Jalan Tenggiri, Sengkuang, Batu Ampar, Batam, Kepulauan Riau luluh lantak dibakar api pada Jumat (21/10/2022) dini hari.

Hal ini diketahui dari video yang beredar melalui platform media sosial, dan aplikasi pesan pendek.

Pada salah satu video yang beredar, diketahui adanya narasi bahwa kebakaran terjadi sekitar pukul 03.00 WIB, Jumat (21/10/2022) dini hari disaat warga tertidur lelap..

“Kebakaran di Sengkuang, waduh banyak motor dan mobil. Orang masih tidur di dalam,” kata seorang pria dalam video tersebut.