5 Cara Alami Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh 

Sit Up
Ilustrasi: Olahraga sit up punya banyak manfaat. Foto: Piqsels.

AlurNews.com -Tubuh harus punya sistem kekebalan untuk melawan infeksi maupun penyakit berbahaya. Cara paling cepat untuk meningkatkannya adalah dengan menyuntikkan vaksin.

Namun, ternyata ada cara alami dan sederhana untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Ada banyak pilihan yang bisa Anda coba.

Berikut cara alami untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dilansir Pinkvilla.

Baca juga : 5 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan, Superfood!

1. Istirahat cukup

Istirahat yang cukup menjadi salah satu cara agar sistem kekebalan Anda meningkat. Tubuh memerlukan ritme yang tepat untuk mendorong tidur lebih nyenyak.

Jadi tidurlah dengan jadwal yang sama setiap hari. Demikian juga Anda harus bangun di waktu yang sama. 

2. Olahraga teratur

Aktivitas fisik secara teratur sangat penting untuk menjaga kebugaran Anda dan menangkal penyakit. Olahraga meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan fisik dan pada gilirannya dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan.

Anda harus berhati-hati untuk tidak bekerja berlebihan saat Anda merasa sudah lelah. Sistem kekebalan Anda mungkin melemah jika Anda memaksakan diri saat tidak sehat.

Baca juga : Manfaat Main Catur, Otak Jadi Sehat

3. Makan dengan baik

Makanan berfungsi sebagai obat. Makanan utuh yang tinggi nutrisi sangat penting untuk kesehatan sistem kekebalan tubuh. 

Cukupi asupan makanan lemak nabati, makanan kaya serat seperti buah-buahan, sayuran, sereal utuh dan makanan lainnya yang bermanfaat untuk aktivitas sel-sel kekebalan.

4. Minum yang cukup

Mengingat manfaatnya yang tak terhitung untuk kekebalan Anda, pentingnya air minum tidak dapat diremehkan. Untuk mempertahankan gaya hidup sehat dan kekebalan, seseorang harus minum cukup air sepanjang hari. 

Meningkatkan tingkat hidrasi Anda dapat membantu Anda tetap sehat, mencegah penyakit, dan membersihkan tubuh Anda. 

Meskipun air minum tidak akan mencegah Anda dari sakit, itu akan membantu tubuh Anda melawannya sehingga Anda pulih lebih cepat.

Baca juga : 5 Manfaat Berenang untuk Kesehatan

5. Menghindari stres

Kapasitas sistem kekebalan Anda untuk melawan infeksi dan penyakit sebenarnya dapat diturunkan oleh stres.Mengetahui bagaimana mengenali stres sangat penting mengingat dampaknya terhadap kesehatan.

Baik stres fisik maupun psikologis dapat memiliki efek negatif pada kemampuan sistem kekebalan untuk melawan infeksi jika berlangsung dalam jangka waktu yang lama. 

Setiap orang perlu mempertimbangkan strategi yang efektif untuk mengatasi stres, seperti pernapasan dalam, meditasi, dan teknik lain untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.