Sarapan Pagi Wajib, Ada 5 Manfaatnya

Sarapan pagi
Sarapan pagi memberikan berbagai manfaat untuk tubuh dan pikiran. F Pixabay.

AlurNews.com – Sarapan pagi harus dibiasanya dan menjadi kewajiban. Sebab, sarapan pagi memiliki berbagai manfaat bagi tubuh, agar siap sedia untuk digunakan untuk bekerja, sekolah atau aktivitas apa pun. 

Sarapan pagi adalah sumber energi. Jika saat pagi hari kosong, tentunya energi akan melemah. Tentunya berbagai aktivitas akan terhambat. 

Nah, sarapan pagi paling disarankan adalah yang sehat, sedikit lemak dan kolesterol. Lalu, ditambah dengan mengonsumsi vitamin dan mineral. Pastinya tubuh dijamin bisa diajak kerja keras di siang harinya. 

Ada berbagai manfaat sarapan pagi yang dilansir di Alodokter yakni :

Baca juga : 6 Kebiasaan Tidur Sehat, Coba dan Rasakan Manfaatnya

1. Membantu melindungi tubuh dari penyakit

Ada sebuah studi yang menyebutkan, kadar kolesterol jahat (LDL) pada wanita cenderung lebih tinggi, dibandingkan mereka yang tak sarapan. 

Sarapan pagi juga menurunkan risiko terkena penyakit diabete dan jantung. 

2. Semakin fokus

Fokus akan semakin baik, jika sudah sarapan pagi. Jika fokus meningkat, tentunya produktivitas akan semakin meningkat. Apabila tidak sarapan pagi, kemungkinan dapat menurunkan daya berpikir. 

3. Dapat menurunkan berat badan

Nah, bagi yang ingin diet, sarapan pagi bisa menjadi salah satu caranya. Hal ini berdasarkan penelitian, yang menyebutkan sarapan pagi dengan menu sehat, dapat membantu menurunkan berat badan. 

Begitu anda sarapan pagi, sehingga di siang hari tidak akan terlalu lapar. Sehingga menghindari mengonsumsi makanan berlebihan di siang hari. 

Bisa dikatakan, lebih tahan godaan untuk makanan yang tinggi kalori. 

Baca juga : Tips Agar Tetap Sehat di Usia Lanjut

4. Meningkatkan mood

Perut lapar dapat menurunkan mood. Sebab membuat kesal atau mudah marah. Jika sudah sarapan pagi, bisa meningkatkan mood. 

Biasakan untuk memulai hari dengan sarapan, agar suasana hati lebih baik dan stres di pagi hari dapat diatasi.

5. Nutrisi tubuh

Tidak sarapan membuat kebutuhan harian tubuh akan vitamin dan nutrisi sulit untuk terpenuhi. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang sarapan lebih mungkin untuk memenuhi kebutuhan gizinya secara menyeluruh, baik itu asupan serat, kalsium, vitamin A, B, C dan vitamin lainnya yang dibutuhkan tubuh.