Anggap Pengerjaan Molor, Kepala BP Batam Tegur PT BIB Batam

Wali Kota Batam Muhammad Rudi. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi menegur PT Bandara Internasional Batam (BIB) selaku pengelola Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

Hal ini dikarenakan keterlambatan progres pengembangan terminal dua, yang ditargetkan rampung pada Desember 2024 mendatang.

Rudi menilai, dengan masa kerja proyek selama 17 bulan ini. Pihaknya belum melihat perkembangan apapun, dari pekerjaan yang dilakukan oleh PT BIB.

“Ini sudah agak molor, saya minta agar segera digesa dan dikerjakan,” tegasnya, Kamis (1/2/2024).

Rudi menjelaskan, untuk mendukung pengembangan Bandara Hang Nadim Batam, pihaknya telah melakukan berbagai pengembangan infrastruktur dasar di seputar Bandara Hang Nadim Batam.

Dengan adanya keterlambatan tersebut, BP Batam akan memanggil PT BIB untuk mengetahui penyebab terjadinya keterlambatan pengembangan terminal 2 Bandara Hang Nadim Batam.

“Kami akan panggil PT BIB, kami sudah komitmen dan ini (pengembangan terminal 2 Bandara Hang Nadim) harus segera jalan,” tegasnya.

Terpisah, Vice President Airport Marketing PT BIB, Stanly Suh mengatakan bahwa keterlambatan pengembangan tersebut terjadi karena terdapat beberapa faktor yang tidak bisa diungkapkan ke publik.

Dirinya juga memastikan bahwa PT BIB akan melakukan pertemuan dengan BP Batam dalam waktu dekat untuk membahas keterlambatan pengembangan kawasan terminal 2 Bandara Hang Nadim Batam ini.

“Ada masalah yang tidak bisa disampaikan ke publik tapi kami upayakan akan sesuai dengan target. Kami dalam waktu dekat akan diskusi dengan BP Batam terkait terminal 2 ini,” kata Stanly Suh.

Ia menambahkan, saat ini PT BIB tengah fokus dalam melakukan pengembangan-pengembangan terminal keberangkatan yang telah tersedia di Bandara Hang Nadim Batam.

Selain itu, pihaknya saat ini juga tengah memfokuskan rute penerbangan internasional baru yang akan hadir di Bandara Hang Nadim Batam.

“Fokusnya kami tetap akan maksimalkan terminal penumpang yang ada, rencananya kita akan ada penerbangan-penerbangan baru seperti ke Kuala Lumpur, China, Thailand dan Korea. Untuk tahun ini kita fokus kesitu dulu,” tutupnya. (Nando)