IIBN Batam Diresmikan, Berkomitmen dalam Pendidikan Berbasis Teknologi

IIBN Batam diresmikan
Peresmian kampus IIBN Indobaru Nasional di Batam, Jumat (26/7/2024). Foto: AlurNews.com/Nando

AlurNews.com – Institut Teknologi dan Bisnis Nasional (IIBN) Indobaru Nasional, resmi berdiri di Batam. Perguruan tinggi ini fokus pada pengembangan ilmu terapan terutama penerapan ilmu bisnis berbasis digital.

Rektor IIBN Jontro Simanjuntak menyampaikan IIBN memfokuskan diri pada pengembangan pendidikan yang berbasis teknologi terutama digital dan juga bisnis. Dengan tiga program studi yakni sistem informasi, kewirausahaan, dan bisnis digital.

“Kendati kampus IIBN relatif baru di Batam, kami percaya bisa menjawab setiap tantangan dari perusahaan industri lingkungan kerja dan juga perkembangan teknologi. Program studi, merujuk ke berbagai kebijakan dan arah pengembangan pendidikan yang ditetapkan oleh pemerintah dengan program merdeka belajar yang dicetuskan Kementrian Pendidikan kami berkomitmen melaksanakan program pemerintah,” ujarnya, Jumat (26/7/2024).

Baca Juga: Dukung Pengembangan Kampus, AlurNews MoU dengan Fakultas Teknik Ibnu Sina

Hal ini ditandai dengan kerja sama dengan pihak industri melalui berbagai perusahaan di bidang teknologi menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam proses pembelajaran.

“Untuk mendukung proses pembelajaran kami (IIBN) secara konsisten mengembangkan bukan hanya fasilitas gedung dan segala peralatannya tetapi juga menyediakan dosen yang sesuai bidang keahliannya, bersertifikasi dan berpengalaman,” ujarnya.

Fasilitas laboratorium kini telah ada, dan nantinya ada pengembangannya karena simulasi bisnis terus dikembangkan guna memperkaya informasi terkini. Selain itu lembaga tersebut juga mengundang dosen praktisi, untuk kuliah umum guna menambahkan keterampilan mahasiswa IIBN.

“Kami telah MoU dengan perusahaan yang ada tak hanya itu kami juga menjajaki kerja sama dengan perguruan tinggi negeri dan swasta seperti Universitas Brawijaya,” kata dia.

Ketua Umum Yayasan, Liem Chandra Adithya mengatakan IIBN sebagai perguruan tinggi yang diiniasasi untuk bisa berkontribusi pengembangan pendidikan khususnya di Kota Batam.

Menurut dia saat ini digitalisasi sangat penting dalam bagian kehidupan sehari hari. Oleh karena itu membutuhkan generasi muda yang memahami dan menguasai teknologi digital.

“Inilah motivasi utama yang mendorong kami mengembangkan program bisnis digital, kewirausahaan, dan teknologi sistem informasi,” ujarnya.

Liem menyebutkan meski masih baru, IIBN hadir dengan komitmen yang kuat dan keinginan tinggi dalam mempersiapkan generasi muda sehingga memiliki kompetensi dan daya saing tinggi. (Nando)