Tanggapi Laporan Dugaan Pelecehan Verbal, Kuasa Hukum NADI: Itu Tidak Benar

Kuasa Hukum NADI melakukan konferensi pers terkait isu pelecehan verbal, Sabtu (28/9/2024). Foto: AlrurNews.com/Nando

AlurNews.com – Kuasa hukum calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam, Nuryanto – Hardi Selamat Hood (NADI) menegaskan tuduhan dugaan pelecehan verbal yang terjadi dalam deklarasi damai tidak benar.

Ketua Tim Kuasa Hukum Paslon NADI sekaligus Direktur Penegak Hukum dan Advokasi, Khoirul Akbar menjelaskan kegiatan yang diselengarakan oleh Polresta Barelang, dan turut dihadiri pelaksana Pemilu dan Forkompimda lainnya, kedua pasangan yang hadir saling melempar pujian, demi mencairkan suasana dalam deklarasi damai.

Tidak hanya itu, polemik ini juga diperkeruh dengan penyebaran potongan video di media sosial, yang dibumbui dengan kata-kata yang dianggap memprovokasi. Selain itu, berdasarkan video utuh diketahui tidak ada unsur pelecehan verbal.

“Itu kegiatan di tempat umum, jadi kalau kita lihat video utuhnya tidak ada mengandung pelecehan verbal. Jangan dipotong-potong videonya. Mereka saling lempar pujian, bukan pelecehan verbal. Jadi kami rasa laporan ini terlalu berlebihan,” jelasnya di Batam Center, Sabtu (28/9/2024).

Dari segi unsur pasal yang disangkakan terlalu prematur, kejadian itu terjadi sebelum masa kampanye terbuka.

“Sangat prematur. Kendati demikian laporan ini akan kami pelajari terlebih dahulu, sebelum menindaklanjuti laporan ini,” ujarnya.

Ditanyai mengenai dampak isu terhadap elektabilitas NADI, Khoirul Akbar mengungkapkan belum ada sampai ke sana.

“Kalau elektabilitas NADI tengah berada di atas, dan isu ini dianggap sebagai salah satu satu untuk menggoyang, itu bisa saja terjadi,” imbuhnya.

Lanjutnya, jika laporan ini tidak terbukti, tim akan mengambil langkah selanjutnya, karena menilai apa yang menjadi laporan adalah fitnah .

“Kami menunggu lah tindak lanjut atas laporan yang ini. Tim kuasa hukum sudah memiliki langkah-langkah untuk menanggapi apapun isu yang diarahkan kepada paslon NADI,” tegasnya. (Nando)