Tanggapi Banjir di Tembesi Tower, DBMSDA Batam Sebut Cari Solusi Bagi Dua Pihak

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Batam, Suhar. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Batam, Suhar menyebut tengah mencari solusi yang tidak merugikan pihak manapun.

Hal ini saat dikonfirmasi mengenai banjir yang terjadi di Kampung Tembesi Tower, Senin (14/10/2024) lalu.

Suhar mengatakan, solusi yang dimaksud ditujukan bagi warga, serta pihak perusahaan yang tengah melakukan pembangunan kawasan industri tepat di samping area pemukiman.

Ia menambahkan, bahwa pemukiman warga terdampak banjir tersebut berada di dalam kawasan lahan milik PT Tanjung Piayu Makmur (TPM).

“Warga yang terdampak di sana bukan berada di lahan milik mereka, namun kita berusaha mencari solusi terbaik sebelum ada kesepakatan-kesepakatan relokasi. Kalau di dalam peta kami, mereka termasuk di dalam wilayah milik investor,” ujarnya, Rabu (16/10/2024).

Suhar mengatakan, pemukiman warga di kawasan tersebut merupakan pemukiman swadaya yang dibangun sesuai kemampuan mereka.

Hingga saat ini, Pemkot Batam mengaku telah melakukan 8 kali pertemuan, baik dengan pihak warga dan juga managemen perusahaan guna mencari solusi.

Mengenai penyebab banjir, Suhar menyebut bahwa terjadinya perubahan pada permukaan tanah, termaksud di saat perusahaan melakukan penimbunan.

“Namun, kehadiran investasi di sekitar kawasan tersebut telah mengubah kondisi permukaan tanah, termasuk aktivitas penimbunan yang memicu terjadinya banjir,” kata Suhar.