Wapres Apresiasi Keberhasilan Timnas Lolos ke Piala Dunia Sepakbola Amputasi 2022

Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin (Ft. Google)

JAKARTA, AlurNews.com – Tim Nasional (Timnas) Sepakbola Amputasi Indonesia telah dinyatakan lolos ke Piala Dunia Sepakbola Amputasi atau World Amputee Football Federation (WAFF) World Cup 2022 di Turki pada Oktober 2022. Untuk itu, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin mengucapkan selamat atas prestasi yang membanggakan tersebut.

“Keberhasilan Tim Nasional Sepakbola Amputasi Indonesia ini menunjukkan bahwa keterbatasan kondisi fisik itu tidak menghalangi penyandang disabilitas berprestasi di bidang olahraga,” tegas Wapres saat menerima Perkumpulan Sepakbola Amputasi Indonesia (PSAI) secara daring, Rabu siang (25/05/2022). (Dilansir dari www.wapresri.go.id)

Lebih jauh Wapres menilai, prestasi ini sebagai hasil dari pembinaan dan pengembangan bakat atlet yang dilakukan oleh PSAI secara konsisten. Wapres pun meminta komitmen PSAI tersebut perlu terus dilanjutkan.

“PSAI diharapkan untuk terus melanjutkan komitmen dalam membina dan mengembangkan potensi atlet Sepakbola Amputasi Indonesia secara sistematis dan berkelanjutan,” pintanya.

Selain itu, Wapres berharap prestasi tersebut dapat memotivasi masyarakat terutama para penyandang disabilitas, untuk giat berolahraga, serta menginspirasi para atlet disabilitas untuk tetap semangat berlatih dan meraih prestasi.

“Kami juga mengharapkan Tim Nasional Sepakbola Amputasi Indonesia terus semangat, fokus berlatih walaupun dalam waktu singkat ini sehingga dapat memberikan hasil yang terbaik nanti di Piala Dunia 2022,” ungkapnya.

Wapres menambahkan, hal tersebut sejalan dengan komitmen pemerintah yang kini tengah serius menciptakan ekosistem bagi pembinaan atlet-atlet nasional agar bisa berprestasi di tingkat internasional, termasuk membangun budaya gemar berolahraga di kalangan masyarakat Indonesia. Sebagai landasannya, telah dikeluarkan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) sebagaimana tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021.