Wapres Apresiasi Keberhasilan Timnas Lolos ke Piala Dunia Sepakbola Amputasi 2022

“Pemerintah berkomitmen untuk fokus pada peningkatan budaya olahraga agar masyarakat menjadi sehat, kita sedang mendemamkan semangat olahraga,” jelas Wapres.

“Kemudian juga melakukan pembinaan atlet, termasuk atlet penyandang disabilitas, yang dilakukan secara berjenjang, sistematis, dan berkelanjutan untuk meraih prestasi olahraga di tingkat dunia,” imbuhnya.

Oleh karena itu, Wapres akan mendorong dukungan-dukungan yang diperlukan para atlet Timnas PSAI untuk bertanding di Turki mendatang.

“Mengenai dukungan pemerintah, kami akan mendorong dari nanti Kementerian Olahraga dan juga dari pihak-pihak lain, termasuk dukungan dari BUMN (Badan Usaha Milik Negara),” tutur Wapres.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pembina PSAI Faisal Rachman menyebutkan, kemenangan Timnas Sepakbola Amputasi Indonesia mengalahkan Bangladesh 8-0 dan menaklukkan Malaysia 3-0, meskipun kemudian takluk 2-0 dari Jepang di pertandingan terakhir, tidak lepas dari dukungan Presiden dan Wakil Presiden, serta masyarakat Indonesia. Ia pun berharap pemerintah memberikan perhatian dan dukungan, baik moril maupun materil, kepada Timnas PSAI.

“Dengan semangat dan dengan upaya untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia, kami berupaya untuk bisa mencapai keberangkatan ke Turki dengan melibatkan beberapa pihak,” papar Faisal.

Dalam pertemuan tersebut, Wapres juga berkesempatan menyimak pengalaman atlet PSAI yang menjadi top skor dalam ajang kualifikasi di Bangladesh, Agung Rizki Satria. Atlet berusia 22 tahun tersebut mengapresiasi PSAI yang telah memberikan kesempatan kepada para difabel menyalurkan hobi mereka di sepak bola.