Pemprov Kepri Bangun 135 RKB, Sirajudin: Kebut Pemerataan Sarana dan Prasarana Sekolah

Anggota Komisi IV DPRD Kepri, Sirajudin Nur. (Foto: istimewa)

AlurNews.com – Pemprov Kepri menggelontorkan Rp47 miliar yang bersumber dari APBN dan APBD untuk membangun 135 Ruang Kelas Baru (RKB) SMA dan SMK di Kepri pada tahun 2022 ini.

Pembangunan 135 RKB SMA dan SMK ini tersebar di 6 kabupaten/kota, dengan rincian Kota Batam 112 RKB, Kota Tanjungpinang 10 RKB, Kabupaten Bintan 4 RKB, Kabupaten Karimun 2 RKB, Kabupaten Natuna 1 RKB dan kabupaten Lingga 6 RKB.

Pembangunan RKB Sekolah menengah ini merupakan program prioritas daerah yang telah disepakati bersama dengan Komisi IV DPRD Kepri selaku mitra Dinas Pendidikan (Disdik) Kepri.

Anggota Komisi I DPRD Kepri Sirajudin Nur mengatakan, pembangunan RKB ini untuk menjawab keluhan masyarakat terkait kesenjangan sarana prasarana antar sekolah khususnya sekolah baru yang masih sangat minim sarana.

“Kami terus perjuangkan di setiap tahun anggaran agar Pemerintah Provinsi Kepri dan kementerian pendidikan secara cepat menuntaskan problem mendasar kependidikan kita di Kepri, yakni kesenjangan sarana prasarana dan mutu pendidikan. Dan tahun ini sebanyak 135 RKB di Kepri akan dibangun”.

Menurut dia, saat ini pihaknya sedang menunggu dinas pendidikan menyelesaikan updating data kebutuhan sarana dan prasarana sekolah menengah dan kejuruan, dan segera akan dibahas di rapat anggaran APBD Kepri 2023 dan akan dikordinasikan juga dengan pihak Kementerian Pendidikan agar dapat didukung secara maksimal oleh APBN.

“Insya Allah jika kita terus kebut pembangunan sarana dan prasarana sekolah sekolah negeri ini, ke depan semua sekolah menengah atas dan kejuruan mutu pendidikannya akan membaik, dan distribusi siswa akan merata di setiap sekolah,” ujarnya. (ib)