Penyelundupan Solar MT Zakira Rugikan Negara hingga Rp1 Miliar

Kapal tanker MT Zakira diamankan Bea Cukai Batam di Pelabuhan Bakamla Galang. (Foto: Humas Bea Cukai Batam)

AlurNews.com – Penyelundupan Bahan Bakar Minyak (BBM) berjenis solar High Speed Diesel (HSD), diperkirakan telah merugikan pendapatan negara hingga Rp1 miliar.

Hal ini disebutkan oleh Direktur Jenderal Bea Cukai, Askolani dalam kunjungannya ke Batam, Rabu (5/10/2022).

Saat ini kapal tanker MT Zakira yang membawa solar ilegal tersebut telah diamankan dan berada dalam pengawasan pihak Bea Cukai serta Badan Keamanan Laut (Bakamla).

“MT Zakira yang membawa 629,3 kiloliter solar HSD saat ini berada di Pelabuhan Bakamla yang ada di kawasan Galang,” terangnya.

Dari hasil pemeriksaan, diketahui nilai keseluruhan solar HSD tersebut ditaksir mencapai Rp7.362.810.000, dengan kerugian negara mencapai Rp1.362.121.000.

Tidak hanya barang bukti kapal, Bea Cukai juga melakukan pengamanan terhadap tersangka berinisial MI selaku nahkoda kapal dan AZ selaku anak buah kapal.

“Keduanya telah ditahan dan diperiksa di rumah tahanan Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan Batam,” lanjutnya.

Selain itu, sebanyak 9 orang saksi juga telah diperiksa mengenai aksi penyelundupan yang dilakukan oleh MT Zakira.

Untuk diketahui, modus penyelundupan yang dilakukan oleh kru MT Zakira menggunakan modus Ship to Ship (STS).

Sejak meninggalkan perairan Batam pada, Selasa (20/9/2022) lalu, MT Zakira terpantau menuju dan sempat berada di posisi sebelah Timur Teluk Penawar perairan Malaysia.

Tidak hanya itu, terpantau aktivitas kapal yang kerap didatangi oleh beberapa kapal lain, dan diduga melakukan bongkar muat minyak secara ship to ship.

“Namun karena berada di luar zona Indonesia, petugas patroli belum dapat melakukan tindakan apapun. Jadi sifatnya hanya menunggu,” paparnya.

Setelah menunggu, Bea Cukai Batam kemudian mendapatkan informasi bahwa kapal MT Zakira aktif, dan mengarah haluan ke Barat dari Pengerang dan masuk jalur perairan Malaysia dan Singapura, untuk kemudian masuk ke wilayah perairan Indonesia.

Setelah mendapati titik masuk kapal tersebut, petugas kemudian melakukan pencegahan di perairan Pulau Karimun Besar.

“Hasil pemeriksaan berdasarkan keterangan nakhoda, kapal tanker itu membawa muatan enam ratus kilo liter minyak solar HSD berasal dari STS di perairan Malaysia dan tidak dilengkapi dokumen impor yang akan dibawa ke Tanjung Balai Karimun,” imbuhnya. (Sirait)