Pengawasan Laut Natuna Utara Bakal Diperkuat 2 Kapal Pengawas Perikanan

Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono mengunjungi pembutan kapal di Tanjunguncang. Foto: Diskominfo Kepri

AlurNews.com – pengawasan Laut Natuna Utara akan diperkuat dengan dua kapal pengawas perikanan. Kapal tersebut saat ini sedang dibangun di galangan Tanjunguncang, Kota Batam.

Progres pembuatan kapal itu ditinjau oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI Sakti Wahyu Trenggono dan Gubernur Kepri Ansar Ahmad. Kehadiran Menteri KKP di Kepri ini dalam rangka kunjungan kerja dan membuka Rakernis Dirjen PRL KKP RI, Rabu (10/5/2023).

Sebagai informasi, pada Tahun Anggaran jamak 2022-2023, telah dianggarkan pembangunan 2 unit kapal pengawas perikanan.

Baca juga: Pastikan Keamanan Laut Natuna Utara, Pangkoarmada I Patroli Udara

Trenggono pada kesempatan itu mengatakan peninjauan tersebut dimaksudkan untuk memantau langsung progres pembangunan 2 kapal pengawas perikanan kelas II tersebut yang diharapkan akan selesai dan dapat beroperasi dalam waktu dekat.

“Kami hadir meninjau langsung progresnya, sebab kapal-kapal ini diproyeksikan untuk memperkuat armada pengawasan perikanan di Laut Natuna Utara Zona I. Sekaligus saya ingin memastikan kesiapan penerapan Ekonomi Biru di Kepri” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) KKP RI, Laksda TNI Dr. Adin Nurawaluddin menyampaikan dalam laporannya kepada Menteri KKP bahwa pengerjaan 2 unit kapal pengawas perikanan ini berjalan dengan lancar.

“Jika sudah selesai akan langsung dilakukan uji coba agar penambahan armada dapat langsung memperkuat keamanan kelayakan perikanan di Kepri,” ujarnya. (Pije)