Resmi Jadi WNI, Jay Idzes Siap Bela Timnas

Jay Idzes. (Foto: instagram)

AlurNews.com – Calon pemain Timnas Indonesia, Jay Idzes, secara resmi telah menjadi warga negara Indonesia (WNI) setelah mengikuti prosesi pengambilan sumpah di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta pada Kamis (28/12) pagi.

Pemain berusia 23 tahun ini tiba di Kanwil Kemenkumham sebelum pukul 08.00 WIB, mengenakan kemeja putih, jas hitam, peci hitam, dan dasi merah. Sambil menunggu prosesi, Jay berfoto dengan beberapa orang di Kanwil, senyumnya merekah sejak awal kedatangannya.

Pukul 08.15 WIB, Endri Erawan, anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, tiba dan langsung mendampingi Jay menjalani prosesi sumpah.

Sekitar pukul 08.30 WIB, Jay dan beberapa orang lain yang akan mengambil sumpah naik ke lantai empat gedung. Proses pengambilan sumpah WNI dimulai sekitar pukul 08.55 WIB dan dipimpin oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Ibnu Chuldun.

Dalam sumpahnya, Jay melepaskan kesetiaannya kepada kekuasaan asing, mengakui, tunduk, dan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pancasila, dan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

Jay, sebagai pemain ketujuh yang dinaturalisasi di era kepelatihan Shin Tae Yong, selanjutnya akan mengurus kartu tanda penduduk dan paspor Indonesia. Setelah itu, PSSI akan mengajukan perpindahan federasi dari KNVB ke PSSI sebagai langkah terakhir. Jika FIFA menerima perpindahan tersebut, Jay akan dapat membela Timnas Indonesia, berpotensi tampil melawan Vietnam pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Maret 2024. (ib)