Nelayan Hilang di Laut, Danlanal Tarempa Respon Cepat

Basarnas Tarempa melakukan pencarian nelayan yang hilang di laut, Minggu (15/9/2024). Foto: Lanal Tarempa.

AlurNews com – Setelah mengikuti acara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Komandan Lanal (Danlanal) Tarempa, Letkol Laut (P) Ari Sukmana, melalui Perwira Staf Operasi (Pasops) Lanal Tarempa, menerima informasi tentang seorang nelayan yang hilang di laut.

Nelayan tersebut diduga jatuh ke laut saat mencari ikan menggunakan kapal pompong di perairan Pulau Palah, Kepulauan Anambas, Sabtu (15/9/2024) malam.

Berdasarkan informasi dari Tim Intel Lanal Tarempa itu nelayan tersebut merupakan warga Desa Payaklaman, Kecamatan Kute Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas.

Kapal pompong milik korban ditemukan tanpa awak oleh nelayan setempat dalam kondisi mesin menyala dan terapung di laut.

Menindaklanjuti laporan tersebut Letkol Laut (P) Ari Sukmana memerintahkan Tim Intel untuk memantau perkembangan situasi dan Pasops Lanal Tarempa untuk menyiapkan Tim SAR agar siap digerakkan, Minggu (15/9/2024).

Danlanal memerintahkan Pasops dan Tim untuk terjun ke lapangan dan menuju Desa Payaklaman guna melakukan pencarian bersama Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kepulauan Anambas.

“Karena sudah satu malam pencarian nelayan belum membuahkan hasil, saya perintahkan Perwira Staf Operasi dan Tim untuk berkolaborasi dengan Basarnas Kepulauan Anambas dalam pencarian korban di Desa Payaklaman. Kita semua berharap korban dapat ditemukan dalam keadaan selamat. Semoga Allah SWT melindungi kita semua,” ujarnya.

Tim gabungan dari Lanal Tarempa dan Basarnas Kepulauan Anambas kemudian bergerak dari Tarempa menuju Pelabuhan Payaklaman, melakukan koordinasi dengan Kepala Desa dan keluarga korban, serta melanjutkan misi pencarian dengan menggunakan alat keselamatan dan Alutsista Rhib Basarnas di area sekitar tempat kapal pompong korban ditemukan. (Fadli)