Batam Segera Terapkan Fuel Card 5.0, Ini Daftar Mobil yang Dibatasi Beli Pertalite

Kendaraan mengisi BBM di SPBU. Foto: AlurNews.com/Nando

AlurNews.com – Pengisian BBM subsidi jenis Pertalite kini dibatasi untuk jenis mobil tertentu di Batam, Riau, menggunakan sistem baru berbasis kartu yang dinamakan Fuel Card 5.0. Sistem ini merupakan inisiatif dari Pemerintah Kota Batam dan hanya berlaku di wilayah tersebut.

Susanto August Satria, Area Manager Communication Relation & CSR Sumbagut Pertamina Patra Niaga, menjelaskan bahwa program ini merupakan kolaborasi dengan Pemerintah Kota Batam. Batas pembelian Pertalite telah ditetapkan, di mana kendaraan roda empat dengan mesin maksimal 1.400 cc dapat membeli hingga 20 liter per hari, sementara kendaraan roda empat di atas 1.400 cc dibatasi hingga 15 liter per hari.

Pembelian untuk kendaraan umum roda empat seperti angkutan kota (angkot) terbatas hanya hingga 35 liter per hari, sedangkan kendaraan operasional seperti taksi online dibatasi hingga 30 liter per hari. Untuk kendaraan khusus pengangkut barang (pikap), pembelian dibatasi hingga 20 liter per hari.

Fuel Card 5.0 berfungsi sebagai kartu uang elektronik yang harus diisi saldonya sebelum pembelian BBM. Transaksi pembelian Pertalite dilakukan melalui tapping kartu dan verifikasi dengan pelat nomor kendaraan.

“Pembelian dilakukan di SPBU dengan cara tapping. Kartu ini terhubung dengan nomor polisi kendaraan yang didaftarkan ke Pemerintah Kota Batam,” ujar Susanto.

Penggunaan kartu ini merupakan kebijakan khusus Pemerintah Kota Batam yang belum diterapkan di daerah lain.

Gustian Riau, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam, mengatakan bahwa pendaftaran untuk Fuel Card 5.0 dapat dilakukan secara online mulai 26 April hingga 31 Juli melalui situs batamfuelcard.id. Proses pendaftaran memakan waktu hingga 3 hari.

Pendaftaran ini terbuka bagi pemilik kendaraan roda empat untuk pembelian BBM subsidi jenis Pertalite. Layanan Fuel Card 5.0 melibatkan tiga bank, yaitu KB Bank, Bank Sumut, dan CIMB Niaga, dengan pilihan bagi masyarakat untuk memilih bank yang diinginkan.

Pemerintah Kota Batam telah menunjuk 11 SPBU yang melayani Fuel Card 5.0. Pembelian efektif dengan cara ini akan dimulai pada tanggal 1 Agustus 2024. Dari 11 SPBU tersebut, beberapa di antaranya adalah SPBU Pelita, SPBU Baloi Permai, SPBU Punggur, SBPU Belian, dan lainnya.

“Dari 11 SPBU yang melayani Fuel Card 5.0, pembelian dapat dilakukan mulai hari ini. Namun, tidak semua SPBU menyediakan jenis BBM Pertalite,” tambah Gustian. (ib)