Andi Agung Ingatkan Netralitas di Satuan Pendidikan di Pilkada 2024

Pjs Wali Kota Batam Andi Agung ingatkan netralitas ASN Satuan Pendidikan di Batam dalam pelaksanaan Pilkada 2024. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Kepala Sekolah memiliki peran penting dalam penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Oleh sebab itu, Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Batam, Andi Agung melakukan silahturahmi ke Dinas Pendidikan Kota Batam dan ke berbagai sekolah.

“Kepala sekolah juga bagian dari penyelenggara juga itu di daerah masing-masing. Minimal mengajak masyarakat ke TPS. Selama 2 bulan ini, dapat menbantu tugas PJs Kota Batam,” kata Andi.

Ia juga mengingatkan agar tetap menjaga kekompakan di satuan pendidikan. Tetap meningkatkan pengembangan kompetensi yang ada di internal.

“Begitu juga saya sampaikan, salah satunya adalah kita memfasilitasi maslaah pilkada,” katanya.

Ia juga mengingatkan kepada satuan pendidikan agar menjaga netralitas sebagai ASN. Pasalnya selama ia menjabat merupakan masa kampanye.

“Yang tidak kalah penting adalah netralitas jangan sampai mereka nanti terjerumus, ikut kampanye juga, makanya kami ingatkan itu dan mengingatkan. Karena selama 2 bulan ini, mulai tanggal 25 sampai dengan bulan November itu adalah masa kampanye,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, Andi melakukan kunjungan ke beberapa sekolah di wilayah Batamkota dan Bengkong, Selasa (1/10/2024). Andi mengunjungi empat sekolah.

Yakni SDN 01 Batam Kota, SMPN 6 Batam Kota, SDN 011 Bengkong, dan SMPN 30 Bengkong. Ia menekankan pentingnya netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), terutama para guru, dalam menghadapi Pilkada.

Tak sendirian, dirinya didampingi Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam Qurniadi. Kedatangannya tersebut menjalin silahturahmi dan sosialisasi terkait peran penting Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) yang akan berlangsung pada 27 November mendatang.

“Ada empat sekolah yang kami kunjungi kedatangan kami untuk menjalin silahturahmi sekaligus mengimbau agar ASN di sekolah-sekolah menjaga netralitas. Hal ini penting untuk menjaga kepercayaan publik terhadap proses demokrasi,” ujar Andi.

Selain itu, Andi juga memberikan motivasi kepada para guru agar terus berperan aktif dalam membentuk karakter generasi muda. Mantan, Kabid Pendidikan di Disdik Kota Batam, meminta tenaga pendidik lebih menjalankan tugasnya lebih baik sebagai pengajar.

“Guru tidak hanya bertugas mengajar, tapi juga mendidik. Penting bagi kita semua untuk membangun karakter anak-anak agar menjadi SDM yang unggul di masa depan,” katanya. (rul)