Garuda Muda Indonesia Raih Kemenangan Pertama, Indonesia Vs Qatar

AlurNews.com -Timnas U19 Indonesia memetik hasil positif pada laga uji coba keempat mereka selama pemusatan latihan (TC) di Kroasia. Garuda Muda menang 2-1 atas Qatar di Stadion SRC Mladost, Cakovec, Kroasia, Kamis (17/9/2020). Shin Tae-yong melihat ada sisi positif dan negatif dari kemenangan timnas U19 Indonesia atas Qatar kemarin malam.

Pelatih asal Korea Selatan itu menilai penampilan timnas U19 Indonesia semakin meningkat, meskipun masih ada yang perlu dibenahi.

“Senang kami mampu mengalahkann Qatar meski kami tertinggal terlebih dahulu. Pemain bekerja keras dan pantang menyerah selama pertandingan,” kata Shin Tae-yong, seperti dilansir dari laman PSSI.

“Meski begitu tim masih ada kekurangan seperti penjagaan terhadap pemain lawan, posisi bagaimana bertahan, dan lain-lain. Ini yang harus kami poles untuk diperbaiki,” imbuhnya.

Timnas U19 bermain sangat baik pada babak pertama. Pasukan Shin Tae-yong tampil percaya diri dengan berani menguasai bola dan menekan pertahanan Qatar.

Indonesia mendapat peluang emas pada menit ke-2. Lemparan ke dalam Pratama Arhan menciptakan kemelut di depan gawang Qatar. Namun, tandukan keras Irfan Jauhari masih bisa ditepis kiper Qatar, Yousef Abdullah Balideh

Di sisi seberang, Qatar lebih banyak memanfaatkan dua sayap mereka yaitu Hadi Tabasideh dan Jassim Al-Mehairi untuk membongkar pertahanan Indonesia.Dalam pertandingan kemarin, Timnas U19 tertinggal lebih dulu oleh gol Qatar yang dicetak Jassim Al-Mehairi pada menit ke-12.

Namun, mereka bisa menjawabnya dengan dua gol melalui Brylian Aldama (17′ -p) dan Mochamad Supriadi (84′).

Ini adalah kemenangan pertama armada Shin Tae-yong selama bermukim di Kroasia untuk menjalani TC. Sebelumnya, timnas U19 melakoni tiga uji tanding dalam format kompetisi bertajuk International U19 Friendly Tournament 2020. Dalam tiga pertandingan tersebut, timnas U19 Indonesia hanya memetik satu hasil imbang dan sisanya kalah.

Timnas U19 menyerah dari Bulgaria (0-3) dan Kroasia (1-7). Sedangkan hasil imbang didapat saat bersua Arab Saudi (3-3). Setelah ini, timnas U19 Indonesia masih akan beruji coba melawan Qatar pada Minggu (20/9/2020), sebelum meladeni Bosnia dan Herzegovina (25/9/2020), dan Dinamo Zagreb tiga hari berselang.

Susunan pemain Timnas U19 Indonesia vs Qatar

Indonesia (4-4-2): 1-Muhammad Adi Satryo (PG); 3-Bagas Kaffa, 5-Rizki Ridho, 14-Komang Teguh, 2-Pratama Arhan; 11-Witan Sulaeman, 8-David Maulana (C) (Beckham Putra Nugraha 69′), 9-Brylian Aldama, 6-Mochammad Supriadi; 18-Irfan Jauhari (Moh Bahril Fajar 79′), 27-Braif Fatari (Saddam Emiruddin Gaffar 74′)

Pelatih: Shin Tae-yong

Qatar (4-5-1): 21-Yousef Abdullah Balideh (PG); 3-Abudurrahman Elsadig, 2-Abdalla Yousif, 16-Diyab Taha, 5-Mostafa Kadira; 7-Hadi Tabasideh (Jassim Al-Zarra 74′), 8-Naif Alhadhrami (C) (Mostafa Abouelela 83′), 6-Faisal Azadi (Osamah Al Altairi 61′), 20-Ali Al-Marri (Talal Faraj 61′), 10-Jassim Al-Mehairi; 29-Mohamed Surag (Lotfi Madjer 46′)

Pelatih: Lucas Nardi

(dms)