Pengiriman 22 Ekor Buaya dari Riau Digagalkan, Pengemasan Bikin Curiga Petugas

Petugas menyita 22 ekor buaya anakan yang hendak dikirim dari Pekanbaru ke Jakarta, Rabu (31/3).(alurnews.com/riauterkini)

PEKANBARU, AlurNews.com – Sebuah paket berisi puluhan buaya digagalkan ketika hendak dikirim lewat Bandara Sutan Syarif Kasim Pekanbaru, Rabu (31/3).

Puluhan buaya anakan itu diduga dari Bengkalis dan hendak dibawa ke Jakarta.

Terbongkarnya aksi penyelundupan 22 ekor buaya ini berawal ketika petugas BBKSDA Riau mendapat informasi dari AVSEC Bandara Sutan Syarif Kasim di peroleh informasi adanya kiriman paket yang mencurigakan.

Baca: ASN Dilarang Keluar Kota hingga 4 April

Setelah pihak AVSEC bersama Balai Besar KSDA Riau melakukan periksaan melalui mesin XRay, didapati bahwa paket tersebut berisi satwa jenis Buaya.

Selanjutnya petugas membuka paket dan melakukan pemeriksaan. Ternyata dalam paket tersebut, ada 22 ekor Buaya muara (Crocodilus porosus) yang dikemas dalam 8 kantong plastik.

“Dari 22 ekor Buaya muara (Crocodilus porosus), terdapat 7 ekor dalam kondisi mati dan yang masih hidup sebanyak 15 ekor,” terang Kepala BBKSDA Riau, Suharyono.

Dalam setiap kantong plastik, menurut Suharyono, terdapat lubang udara dan sabut kelapa dalam kondisi lembab; Menurutnya, paket di kirim melalui jasa pengiriman TIKI dengan nomor resi 03021036077.

Pengirim an. RENDI, alamat BENGKALIS MESKOM dan alamat tujuan an. JOHAN, dengan alamat Jl. INFEKSI PAM RT 11/RW 07 No 160 CAKUNG BARAT, CAKUNG JAKARTA TIMUR kode Pos 13910 dan No HP 089653180333,” terang Suharyono dikutip Riau Terkini.