Sutrisno Usul Lahan Bekas Karhutla Dapat Dimanfaatkan oleh Masyarakat

Anggota Komisi IV DPR RI Sutrisno usai mengikuti pertemuan Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi IV DPR RI di Taman Nasional Gunung Ciremai, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Jumat (24/9/2021). Foto: Kiki/Man

AlurNews.com – Anggota Komisi IV DPR RI Sutrisno mengusulkan agar lahan bekas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, minimal oleh anggota Masyarakat Peduli Api (MPA). Menurut Sutrisno, MPA bisa diberikan fasilitas seperti Kebun Bibit Rakyat (KBR) dan Pengembangan Perhutanan Sosial Nusantara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) atau yang dikenal dengan ‘Bang Pesona’.

Sutrisno menjelaskan KBR dimaksud adalah pemerintah untuk menyediakan bibit tanaman kayu-kayuan atau tanaman serbaguna (MPTS) dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan sekaligus mendukung pemulihan fungsi hutan dan lahan kritis serta kegiatan penghijauan lingkungan.

“Saya mengusulkan agar lahan bekas kebakaran ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, minimal oleh anggota MPA,” kata Sutrisno usai mengikuti pertemuan Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi IV DPR RI dengan Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim KLHK, Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK, Direktur Pengelolaan Kawasan Konservasi KLHK, Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai, Bupati Majalengka, serta MPA, di Taman Nasional Gunung Ciremai, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Jumat (24/9/2021).

Sementara diketahui, ‘Bang Pesona’ adalah bentuk upaya pemerintah untuk memberikan modal usaha kepada masyarakat. Bantuan ini diharapkan dapat mendorong agar masyarakat bisa menjalankan usaha Perhutanan Sosial hingga memberikan nilai tambah bagi produk mereka. Sehingga ekonomi masyarakat pun, akan mampu bertahan di saat melemahnya ekonomi global karena serangan pandemi Covid-19.

“Hanya dengan cara seperti (pemanfaatan lahan oleh masyarakat) itu, lahan yang masih aman bisa teramankan, lahan yang terbakar bisa dilestarikan kembali. Jadi atensi bisa tercapai, uang negara juga bisa dihemat, tapi rakyat diberdayakan,” usul Anggota DPR RI Fraksi PDI-Perjuangan tersebut.

Sebelumnya, Yanto salah satu Anggota MPA mengharapkan adanya perhatian dan bantuan dari Komisi IV DPR RI untuk meningkatkan kesejahteraan perekonomian mereka di tengah kondisi Covid-19 yang semakin menyulitkan mereka. “Kami sudah berupaya membantu memadamkan api, mencegah terjadinya kebakaran, dan mengembalikan lahan yang tadinya bekas kebakaran, kami meminta kepada bapak-ibu Komisi IV untuk memberikan kami perhatian serta bantuan untuk meningkatkan kesejahteraan kami,” kata Yanto.(RS)

Sumber: dpr.go.id