Jelang PSBM, KKSS Kota Batam ‘Napak Tilas’ di Kampung Halaman

Ketua KKSS Kota Batam dan Pengurus KKSS Batam berfoto di Patung Arung Palakka, Bone. (Ft. AlurNews.com)

BATAM, AlurNews.com – Menjelang Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) 2020, Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kota Batam melakukan napak tilas ke beberapa situs sejarah yang berada di Makassar, Sulawesi Selatan.

Ketua KKSS Batam, Masrur Amin menuturkan perjalanan napak tilas yang dilakukan oleh para anggota KKSS Batam, menjadi momen yang mengharukan.

“Karena beberapa dari kami ada yang memang belum pernah kembali ke Makassar. Napak tilas ini menjadi momen yang mengharukan,” terangnya melalui sambungan telepon, Sabtu (14/5/2022).

Target utama dalam napak tilas ini, dijelaskannya mencari tahu mengenai sisilah keluarga dari masing-masing anggota KKSS Batam.

Kemudian mengunjungi sanak saudara yang memang sudah lama tidak ditemui oleh para anggota KKSS Batam, selain melihat bagaimana sejarah dari para pejuang asli Makssar.

“Kami menelusuri berbagai kampung di Bone dan Maros, melihat apakah masih ada anggota keluarga disana. Mereka tentu saja ingin lebih mengetahui bagaimana sejarah keluarga mereka,” paparnya.

Pada perhelatan PSBM 2020 ini, KKSS Batam diungkapkannya memiliki beberapa tujuan seperti berkolaborasi dengan para generasi muda Makasaar yang memiliki visi pengembangan daerah.

Selain ingin berbagi kesuksesan di perantauan, para anggota KKSS dari berbagai wilayah juga memiliki misi tetap mengembangkan daerah asal melalui kolaborasi dan subsidi silang.

“Para perantau yang kembali, memiliki wacana subsidi silang. Apakah disini bisa berkolaborasi untuk membangun usaha, yang berpotensi mengembangkan Makassar dari berbagai sektor,” ungkapnya.