Kualifikasi Euro 2024: Italia dan Ceko Lolos ke Jerman

Logo Euro 2024. (Foto: UEFA)

AlurNews.com – Timnas Italia dan Ukraina mempertemukan kekuatan dalam laga penutupan fase grup Kualifikasi Euro 2024 di Stadion BayArena, Leverkusen, Jerman, Selasa (21/11/2023) dini hari WIB.

Pertandingan berlangsung dengan intensitas tinggi sejak wasit Jesus Gil Manzano meniup peluit kick-off, dengan Italia dan Ukraina berupaya tampil menyerang untuk meraih tiket langsung ke Piala Eropa 2024, sebagai runner up Grup C.

Meskipun Ukraina, yang dimotori oleh Mykhalio Mudryk, memberikan tekanan serius pada pertahanan Italia, kiper Gianluigi Donnarumma tetap tangguh menghadapi peluang dari Mudryk dan Georgiy Sudakov.

Sementara itu, Italia mengandalkan trio Federico Chiesa, Giacomo Raspadori, dan Nicolo Zaniolo untuk menciptakan peluang, namun finishing yang kurang akurat membuat Gli Azzurri kesulitan mencetak gol.

Nicolo Barella memiliki peluang melalui sepakan jarak jauh, tetapi upayanya masih bisa ditepis oleh Anatolii Trubin. Pada babak kedua, Italia mendominasi penguasaan bola, sementara Ukraina harus bertahan dengan cermat.

Meski Italia kesulitan menciptakan peluang emas, Ukraina tetap mengancam gawang Donnarumma hingga akhir laga, meskipun tanpa gol. Hasil imbang memastikan Italia melaju ke putaran final Euro 2024, sementara Ukraina masih memiliki peluang melalui jalur play-off.

Di laga lain, Inggris ditahan imbang oleh Macedonia Utara dengan gol Enis Bardhi dibalas oleh Harry Kane. Dari Grup E, Republik Ceko mengamankan tiket ke Euro 2024 setelah mengalahkan Moldova 3-0. Slovenia juga memastikan tempat di ajang bergengsi tersebut dengan kemenangan 2-1 atas Kazakhstan dalam lanjutan laga Grup H.