Satu Orang Disabilitas di Batam daftar CPNS 2024

Ilustrasi tes CPNS. (Foto: internet)

AlurNews.com – Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batam Hasnah mengatakan sebanyak satu orang penyandang disabilitas mendaftar pada proses perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2024. Ia mendaftar untuk dua formasi yang disediakan.

Dua formasi untuk disabilitas tersebut di Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos PM), dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

“Jumlah pendaftar untuk formasi disabilitas 1 orang dari total ada 2 formasi” kata Hasnah.

Ia menyampaikan kebijakan seleksi CPNS untuk tahun anggaran 2024, terdapat penekanan khusus pada formasi untuk penyandang disabilitas dan lulusan cumlaude.

Dalam keputusan Menteri PAN-RB Nomor 320 Tahun 2024 terdapat formasi khusus untuk penyandang disabilitas, dengan alokasi dua posisi di Kota Batam. Sementara untuk lulusan cumlaude, Pemko Batam menetapkan empat formasi khusus.

“Formasi ini terdiri dari satu formasi di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), satu formasi di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), satu formasi di Badan Perencanaan dan Penelitian Pembangunan Daerah (Bapelitbang), dan satu formasi di Badan Pendapatan Daerah (Bapenda),” ujarnya.

Hasnah memastikan transparansi dalam proses seleksi dengan mengupdate informasi melalui saluran digital, termasuk situs web resmi, Instagram, dan TikTok.

“Pengumuman terkait seleksi, perubahan jadwal pendaftaran, dan informasi mengenai penggunaan materai elektronik akan disampaikan secara digital,” kata dia.

Hingga saat ini, BKPSDM Kota Batam mencatat telah ada 2.795 pendaftar CPNS di Kota Batam. (roma)