Puncak Arus Mudik Pelabuhan Roro Punggur Diprediksi Akhir Pekan Ini

Aktivitas di Pelabuhan Roro Telagapunggur saat arus mudik Lebaran 2024. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Puncak arus mudik melalui Pelabuhan ASDP Telaga Punggur Batam diprediksi akan terjadi pada akhir pekan ini.

“Prediksi kami akan terjadi pada 8 April atau pada saat dimulainya cuti bersama,” kata General Manager PT ASDP Batam, Nana Sutisna, Selasa (2/4/2024)

Berdasarkan data pada, Senin (1/4/2024) atau H -10 Idul Fitri 1445 hijiriah, saat ini rute Telagapunggur menuju Sei Selari dan Kuala Tungkal, masih menjadi rute favorit.

Dimana berdasarkan pendaftaran online, bagi rute Sei Selari, Riau pihaknya telah mencatat 428 unit kendaraan segala tipe atau jenis yang telah melakukan pendaftaran.

“Sementara untuk Kuala Tungkal, Jambi sudah ada 339 unit kendaraan segala tipe yang melakukan pendaftaran,” lanjutnya.

Nana juga menyebut arus mudik tahun ini diperkirakan bakal meningkat dibanding tahun sebelumnya. Hal ini didasari oleh peningkatan yang terjadi di tahun 2023.

Berdasarkan catatan PT ASDP cabang Batam, arus mudik penumpang pada tahun 2023 mencapai 34.319, meningkat dari tahun 2022 sebanyak 26.848 penumpang.

“Pada periode mudik Lebaran tahun 2024, kami perkirakan jumlah penumpang naik sebesar 40 persen,” paparnya.

Ia menambahkan, guna mengantisipasi lonjakan penumpang selama periode mudik lebaran, pihaknya juga akan melakukan penambahan jadwal penyeberangan kapal (ekstra trip).

“Untuk rute Telagapunggur – Tanjunguban trip kapal itu normalnya 12 sampai 13 trip. Kami bakal melihat kondisi di lapangan, jika ada kepadatan penumpang pada rute ini maupun rute lainnya, maka kami akan menambah trip kapal,” ujarnya. (Nando)