Dishub Batam Segera Buka 2 Koridor Baru Bus Trans Batam

Dishub Batam tambah 2 koridor baru bus Trans Batam. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam akan membuka 2 koridor Bus Trans Batam dalam waktu dekat. Koridor tambahan tersebut rute Tembesi Barelang dan Rute Nongsa Jodoh.

Tambahan koridor ini dikarenakan masyarakat di wilayah tersebut sangat membutuhkan transportasi umum. Saat ini baru terdapat 9 koridor bus Trans Batam yang aktif.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam Salim menargetkan 11 koridor bus Trans Batam. Hal ini guna menjangkau akses warga setempat dalam penggunaan transportasi umum.

“Target kami 11 koridor, sekarang baru 9 koridor. Dengan adanya nanti armada yang baru, sudah cukup, kami akan aktifkan koridor yang belum terlaksana saat ini. Koridor ke 10 rute Tembesi-Barelang, koridor ke 11 rute Nongsa-Jodoh,” kata Salim, Jumat (26/7/2024).

Salim menambahkan saat ini terdapat sekitar 20 armada bus Trans Batam yang beroperasi setiap harinya.

“Tentunya kami terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, pengguna bus Trans Batam. Dishub juga menambah armada bus yang baru, dengan fasilitas bus didalamnya yang semakin baik,” katanya.

Sebelumnya, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam, Kepulauan Riau, menerapkan sistem pembayaran bus Trans Batam dengan Kartu Uang Elektronik (KUE) atau e-money dalam mendukung mendorong penerapan sistem pembayaran non tunai.

Kepala Dishub Batam Salim di Batam, Jumat, mengatakan untuk mendukung hal tersebut, pihaknya melalui BLUD UPT Pelayanan Jasa Transportasi Dishub Kota Batam menjalin kerja sama dengan sejumlah bank yaitu Bank Mandiri, BRI dan BNI, BCA.

“Hadirnya layanan non tunai ini meningkatkan pelayanan bus Trans Batam. Di era digital ini hampir semua transaksi menggunakan non tunai. Bus Trans Batam sebagai salah satu fasilitas publik berupaya memberikan pelayanan yang baik,” ujar Salim.

Ia menjelaskan dengan adanya perjanjian kerja sama ini maka pelayanan pembayaran bus Trans Batam diharapkan semakin meningkat dan memudahkan masyarakat. (roma)