Polda Kepri Ajak Tokoh Agama Ciptakan Harkamtibmas yang Kondusif

Ditbinmas Polda Kepri bertemu dengan para tokoh agama di Batam. Foto: Humas Polda Kepri

AlurNews.com – Direktorat Pembinaan Masyarakat (Ditbinmas) Polda Kepri, mengajak seluruh tokoh agama di Batam mengusung tentang pemahaman dan pengamalan 4 konsensus Negara Republik Indonesia (RI), dalam rangka menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) yang kondusif.

Dirbinmas Polda Kepri Kombes Pol Wawan Kurniawan menekankan pentingnya persatuan bangsa dan peran sentral tokoh agama dalam mempererat rasa kebersamaan di masyarakat. Perihal ini disampaikan dalam kegiatan yang berlangsung di Ballroom Hotel Asia Link, Rabu (2/10/2024) kemarin.

Ia menyampaikan bahwa Pancasila sebagai dasar negara, UUD 1945 sebagai konstitusi, NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara merupakan pilar penting dalam menjaga keutuhan bangsa.

“Empat pilar ini menjadi panduan sekaligus penopang kokohnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ujarnya melalui keterangan tertulis, Kamis (3/10/2024).

Keberagaman Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, adat istiadat, bahasa, serta agama harus dijaga dan lestarikan. Terutama dalam era globalisasi, saat tantangan terhadap nilai-nilai kebangsaan semakin kompleks.

Pemahaman dan pengamalan 4 konsensus kebangsaan menurutnya sangat penting untuk menjaga keharmonisan nasional.

“Tanpa empat konsensus ini, keutuhan dan kedaulatan Indonesia akan rentan terhadap ancaman internal maupun eksternal,” lanjutnya.

Dirbinmas Polda Kepri mengajak para tokoh agama untuk senantiasa menyampaikan pesan-pesan perdamaian, toleransi, dan persatuan kepada umat masing-masing guna memastikan nilai-nilai kebangsaan tetap terjaga dan diwariskan kepada generasi mendatang. (Nando)