Iman Sutiawan Bacakan Sumpah Setia MELAYU-BUGIS, Saat Kunjungi Museum Linggam Cahaya

LINGGA – Usai melaksanakan ziarah makam pahlawan nasional Sultan Mahmud Riayat Syah, dan ziarah ke makam pahlawan merah Raja Muhammad Yusuf Al Ahmadi yang dipertuan Muda Riau X. Di Daik Lingga. Iman Sutiawan melanjutkan perjalanannya menuju museum Lingga Linggam Cahaya, Selasa, 1/9/20.

Disana, bakal calon wakil gubernur Kepri itu mengungkapkan kekagumannya terhadap aset-aset peninggalan sejarah yang ada di Daik Lingga. Dimana, Daik Lingga merupakan pusat peradaban, pusat sejarah. Yang wajib untuk selalu dijaga dan dilestarikan.

“Luar biasa semua tentang kerajaan Riau Lingga ada didalamnya. Baik alat dapur kerajaan, baju-baju kerajaan, Al Quran tulisan tangan, benda-benda pusake, uang-uang lama, naskah-naskah kerajaan ada disini,” ungkap Iman.

Tak hanya itu saja, saat berada di museum tersebut, Iman sempat membacakan sumpah setia Melayu-Bugis.

“Semoga museum ini menjadi salah satu pengingat kite semue dalam mengenang para pahlawan dan leluhur kite yang pernah berjaye dimasa itu dalam membangun kampung kite.” kata Iman.

Sesuainya pula mengunjungi museum bersejarah tersebut. Iman kembali menyapa dan menyempatkan waktu untuk berdiskusi dengan tokoh-tokoh masyarakat di Daik Lingga. Sebelum melanjutkan perjalanan menuju sebuah pulau di kabupaten Lingga.(red)