KEK Kendal Jadi Contoh 15 KEK Lainnya di Indonesia, Kantor Administrator Sangat Menentukan

KEK Kendal, Jateng.(alurnews.com/ist)

KENDAL, AlurNews.com – Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK Kendal menjadi contoh bagus (role model) dari 15 KEK di seluruh Indonesia.

Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Dewan Nasional KEK, Enoh Suharto Pranoto saat berkunjung ke Pendopo Kabupaten Kendal yang disambut Bupati Kendal, Dico Ganinduto. Hadir dalam kesempatan itu Wakil ketua III Tim Pelaksana DN KEK, Budi Santoso.

Dalam kesempatan tersebut, Enoh melaporkan progres terbaru mengenai perkembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kendal. Hal itu setelah Dewan Nasional KEK melakukan evaluasi terhadap KEK Kendal, dan hasilnya disimpulkan bahwa KEK Kendal siap beroperasi.

Enoh menjelaskan bahwa evaluasi juga dilakukan kepada 15 KEK di seluruh Indonesia. Dari berbagai parameter penilaian, perkembangan berjalan baik.

“Kami telah melakukan evaluasi terhadap 15 KEK di seluruh Indonesia, dan kinerja KEK Kendal baik sekaligus termasuk yang terbaik di antara Kawasan Ekonomi Khusus lainnya,” ujar Enoh dalam keterangan Jumat (30/4/2021).

Menurut Enoh, salah satu faktor yang membuat KEK Kendal berkembang ialah kantor administrator KEK di Kendal yang berperan menyukseskan KEK. Lewat kantor administrator, investor bisa merasakan kemudahan mendapatkan fasilitas fiskal maupun non-fiskal KEK.

Adapun kantor administrator KEK Kendal sendiri sudah resmi beroperasi sejak 23 April 2021.”Kantor administrator ibarat pintu gerbang bagi para investor,” kata Enoh.