Sekjen Kemenkumham: Covid-19 Belum Berakhir, Tetap Disiplin Prokes!

Komjen Pol Andap Budhi Revianto, Sekjen Kemenkumham RI (ft. Kemenkumham)

JAKARTA, AlurNews.com – Pembatasan aktivitas masyarakat yang kian diperlonggar oleh pemerintah, bukan berarti telah berakhirnya pandemi Covid-19. Namun, kita harus tetap waspada dan menerapkan protokol kesehatan demi terhindar dari wabah virus Corona atau Covid-19.

Sebab, baru-baru ini. Setalah varian Delta menggemparkan dunia. Kini varian baru kembali muncul. Yakni varian Omicron B.1.1.529. yang ditemukan berkembang di wilayah Afrika Selatan. Varian baru virus Corona ini disebutkan sangat mengkhawatirkan dibandingkan varian lainnya. Varian ini juga lebih tinggi dalam penularannya.

Maka dari itu, setelah WHO menetapkan varian omicron sebagai variant of concern (VoC) atau varian yang mengkhawatirkan, Indonesia langsung melakukan langkah cepat, langkah antisipasi melalui kebijakan yang tertuang dalam Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 nomor 23 tahun 2021 tentang protokol kesehatan perjalanan internasional pada masa pandemi covid-19.

Implementasi kebijakan tersebut memperketat pintu-pintu masuk negara baik darat, laut maupun udara. Menutup sementara akses pendatang dari 11 negara. Penerapan masa karantina 7-14 hari bagi WNA dan WNI yang masuk ke Indonesia. Kebijakan tersebut berlaku efektif mulai tanggal 29 November 2021.

Tentu, apa yang akan dan telah dilakukan oleh pemerintah pusat hingga daerah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Harus pula diikuti oleh kedisplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Dan tentu, kita harus tetap saling mengingatkan satu sama lain untuk tetap mematuhi himbauan pemerintah.

Sama halnya yang dilakukan oleh Komjen Pol Andap Budhi Revianto, Sekretaris Jenderal (Sekjend) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI. Di penghujung tahun 2021. Ia terus memasifkan himbauan agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan dan tidak lengah dalam kondisi saat ini.

“Saat ini kita berada di penghujung tahun 2021. Selamat datang bulan Desember. Ada banyak hal yang kita harapkan. Ada banyak harapan yang tentu ingin kita wujudkan. Di sisi lain, dinamika covid-19 masih belum berakhir. Mari saling mengingatkan dalam kebaikan. Mari kita jaga kesehatan diri maupun lingkungan dengan tetap disipilin menerapkan protokol kesehatan. Semoga kita bisa mengakhiri tahun 2021 dengan baik. Semoga covid-19 segera menyingkir dari hadapan kita. Tetap optimis, tetap semangat dan semoga kita semua tetap sehat,” pesan Jendral bintang tiga itu, Rabu, 1/12/21.

Menurutnya pula, dengan kemunculan varian baru yang cukup mengkhawatirkan ini. Tentu harus dilawan oleh kewaspadaan yang lebih tinggi. Serta kedisplinan menerapkan protokol kesehatan.

“Jangan remehkan covid-19, marilah saling menjaga. Covid-19 belum berakhir. Tetap disiplin prokes, minimalisir mobilisasi,” kata Komjen Pol Andap memberikan himbauan kepada masyarakat Indonesia,”

(Red)