Ini Pentingnya PDAM Punya Customer Service Profesional

Customer Service merupakan garda depan perusahaan pelayanan publik. Karena itu, peningkatan kualitas SDM di perusahaan tersebut harus dilakukan secara terus menerus. (Foto: ATB)

AlurNews.com – Customer Service yang piawai dan profesional adalah dambaan bagi perusahaan pelayanan publik. Karena itu, staf pelayanan pelanggan harus adaptif terhadap perubahan kebutuhan pelanggan yang dilayani.

Di era digital ini, kepuasan pelanggan turut mengalami pergeseran besar. Dengan hadirnya teknologi, pelanggan mengharapkan respons cepat, baik dalam menyampaikan keluhan, mengakses informasi, atau melakukan transaksi.

Karena ekspektasi terhadap sebuah layanan menjadi lebih tinggi, maka faktor pelayanan prima menjadi harga mutlak. Jika perusahaan gagal menyesuaikan diri, maka akan ada konsekuensi berat yang menanti.

“Keandalan perusahaan tidak hanya harus didukung oleh kemajuan teknologi, namun juga kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), terutama yang bergerak di lini pelayanan pelanggan,” ujar Head of Corporate Secretary PT Adhya Tirta Batam (ATB), Maria Jacobus.

Sebagai garda depan, staf pelayanan pelanggan harus lebih adaptif dalam mengikuti perkembangan zaman. Posisi ini harus diisi oleh SDM yang mampu memberikan informasi dan solusi yang akurat kepada pelanggan, sesuai prosedur operasional pelayanan yang berlaku.

“Mereka adalah wajah perusahaan yang mencerminkan citra perusahaan. Karena itu penting memastikan kompetensi mereka memadai, untuk mencapai pelayanan pelanggan prima,” ungkapnya.

Sebagai perusahaan yang telah berpengalaman selama puluhan tahun dalam bisnis pelayanan publik, ATB menyediakan program untuk meningkatkan kapasitas SDM pelayanan pelanggan perusahaan layanan publik, khususnya di sektor air bersih.

Program ini merupakan bagian dari Capacity Building ATB, Seri Smart Customer Service Proffesional. Dalam seri ini, para peserta akan belajar mengenai pelayanan pelanggan di era industri 4.0, memetakan perilaku pelanggan, hingga membahas komunikasi yang efektif.

“Banyak panduan praktis yang akan diberikan kepada para peserta, sehingga mereka dapat merangkul dan meningkatkan loyalitas pelanggan,” jelasnya.

Materi-materi yang akan diberikan disusun berdasarkan pengalaman ATB selama puluhan tahun. Pengalaman ATB ini terbukti mampu membuat kepuasan pelanggan ATB tetap terjaga dengan baik. Hal ini dibuktikan ketika Grup Riset Pasar dan Informasi Pasar Kantar Taylor Nelson Sofres (TNS) menggelar riset di Batam.

Lembaga ini menyandingkan ATB dengan 3 perusahaan lain. ATB mengumpulkan point tertinggi untuk hampir semua variabel survei. TNS menyebut ATB sebagai perusahaan yang paling tinggi dalam mengutamakan kepuasan pelanggan ketimbang 3 perusahaan lainnya.

Dari hasil kepuasan pelanggan (Customer Satisfaction Index), tingkat kepuasan pelanggan ATB ada di skor indeks 71. Lebih tinggi dari rata-rata skor indeks perusahaan utilitas di Asia.

Bagi perusahaan yang tertarik untuk meningkatkan kompetensi SDM di bidang pelayanan pelanggan, dapat menghubungi Marcom Capacity Building ATB di 08126106116 (Tatot Tri Parijanto), atau melalui email ATB: info@atbbatam.com. (*)