Curah Hujan di Batam Tinggi, Ini Kata BMKG Hang Nadim

Kota Batam masuk musim penghujan di tahun 2024 pada Mei ini. (Foto: istimewa/ilustrasi)

AlurNews.com – Pada pertengahan Januari 2023 Kota Batam di guyur hujan dengan intensitas deras dan berkelanjutan setiap harinya. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam menyatakan, cuaca di Kota Batam sampai hari ini masih berpotensi curah hujan yang deras disertai angin kencang dan juga petir.

Prakirawan BMKG Hang Nadim Batam Nizam Mawardi mengatakan, curah hujan yang tinggi ini terjadi secara menyeluruh di Provinsi Kepri. Hal ini diketahui berdasarkan hasil pantauan BMKG karena ada nya Borneo Vortex artinya sirkulasi udara berbentuk putaran yang terjadi di wilayah perairan dekat dengan Kalimantan dan sering menjadi penyebab pertumbuhan awan konvektif dan hujan lebat di sekitar wilayah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

“Curah hujan yang terjadi saat ini, dikarenakan adanya faktor Borneo Vortex, sehingga terciptanya curah hujan yang tinggi dan deras untuk di wilayah Kota Batam, Kepri,” ujar Nizam pada Rabu (25/1/2023) kepada alurnews.com.

Pihaknya juga menyampaikan, hasil pantauan BMKG untuk wilayah Batam, saat ini masih berpeluang hujan dengan intensitas deras yang dapat disertai petir kilat dan angin kencang .

“Selain di sebabkan karena faktor Borneo Vortex, hal ini terjadi karena radiasi keluar gelombang Panjang bernilai kecil 160 W/m2 dan anomali radiasi keluar gelombang panjang bernilai antara -30 hingga -50 W/m2 mengindikasikan pertumbuhan awan yang banyak dan kuat,” ucapnya.

Nizam mengimbau, kepada masyarakat tetap waspada karena curah hujan yang deras disertai petir dan angin kencang ini dapat menyebabkan bencana alam di wilayah Kepri.

“Masyarakat tetap waspada terhadap cuaca saat ini, karena dari faktor-faktor curah hujan yang cukup tinggi ini dapat menimbulkan bencana alam seperti banjir salah satunya,” imbaunya. (Adri)