Kebakaran KMP Tandemand Tidak Ganggu Aktifitas Penyebrangan

General Manager PT ASDP Telagapunggur, Hermin Welkis. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – PT ASDP Telagapunggur memastikan insiden kebakaran kapal Roro KMP Tandemand tidak menganggu aktivitas pelayaran di sekitar Pelabuhan ASDP Telagapunggur. Saat ini kapal tengah proses evakuasi, setelah sebelumnya 14 kru kapal berhasil dievakuasi, Rabu (2/10/2024) sore.

“Insiden kebakaran ini tidak menganggu lalu lintas kapal di Pelabuhan Telagapunggur. Pelayanan tetap berjalan normal,” ujar General Manager PT ASDP Telagapunggur, Hermin Welkis, Kamis (3/10/2024).

Terkait penyebab kebakaran KMP Tandemand, Hemin menyebutkan akan dilakukan investigasi atau penyelidikan secara menyeluruh oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Berdasarkan informasi yang diperolehnya, Hermin mengatakan, awal mula munculnya api berasal dari anjungan kapal. Kemudian, api menjalar ke bagian ruang akomodasi untuk ABK dan penumpang.

“Kerusakan kapal akibat kebakaran ini sekitar 30 persen. Selanjutnya, kapal akan menjalani docking untuk dilakukan perbaikan secara menyeluruh,” ujarnya.

Hermin mengatakan, pihaknya akan meningkatkan aspek keamanan dan keselamatan dalam pelaksanaan kegiatan operasional dan pelayanan melalui pengawasan secara intensif.

“Kami berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik bagi pengguna jasa kapal penyebrangan ASDP,” ucapnya.

Ia menambahkan, KMP Tandemand biasa melayani penyebrangan penumpang dengan rute Telagapunggur-Tanjungbalai Karimun dan Tanjungbalai Karimun-Seiselari. Namun, dikarenakan adanya perbaikan pelabuhan Roro Parit Rempak, Kabupaten Karimun, maka kapal berhenti beroperasi untuk sementara waktu.

“Namun saat ini kami masih tetap berkoordinasi bagaimana agar pelayanan penumpang ke Seiselari tetap ada,” sebutnya (Nando)