5 Atlet DKI Terkena Varian Baru Covid_19 Usai PON XX Papua

Ilustrasi (Ft.google)

JAKARTA, AlurNews.com – Lima atlet DKI Jakarta yang berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua dinyatakan terpapar Covid-19.

Mereka terdeteksi Covid-19 saat hendak pulang ke Jakarta dan melakukan tes PCR untuk keperluan administrasi perjalanan.

Koordinator dokter kontingen DKI Jakarta Junaidi mengatakan, atlet DKI Jakarta yang terpapar saat ini tiga berada di Timika untuk menjalani isolasi. Sedangkan sisanya dua orang berada di Jayapura.

“Di Timika ada tiga orang, di Jayapura ada dua,” tutur Junaidi, Selasa (5/10/2021).

Adapun cabang olahraga dari yang terpapar Covid-19 yaitu dua atlet judo, dan masing-masing satu atlet basket, sepatu roda dan softball.

Dicurigai varian baru

Junaidi mengatakan, lima atlet tersebut dinyatakan positif setelah melakukan tes PCR. Temuan terakhir, kata Junaidi, nilai CT hasil tes PCR rendah yang menandakan perkembangan virus sedang terjadi di tubuh para atlet.

Dia juga khawatir, dengan perkembangan virus yang banyak di tubuh para atlet menjadi pertanda Covid-19 yang diderita merupakan penyebab dari varian baru SARS-CoV-2.

“Beberapa atlet kita juga CT-nya masih rendah, kita takut ada varian baru yang terpapar di Papua,” ujar dia.

Namun, untuk memastikan apakah varian tersebut memang merupakan varian baru, diperlukan pemeriksaan sampel lebih lanjut menggunakan metode whole genome sequence.

Terpapar saat di Papua

Temuan kasus atlet Jakarta terpapar Covid-19 ini dipastikan terjadi di Papua dan bukan terjadi di Jakarta.

Pasalnya, kata Junaidi, para atlet sudah melakukan karantina selama 14 hari sebelum PON XX berlangsung.